Kamis, 2 Februari 2023
BerandaBisnis3 Tahapan Pemasaran Startup yang Dapat Mendongkrak Hasil yang Efektif

3 Tahapan Pemasaran Startup yang Dapat Mendongkrak Hasil yang Efektif

Dirilis

SelidikiNews – Ada dua kalimat yang paling sering terdengar dari para pendiri startup. begini kata mereka, “Saya tidak punya waktu untuk marketing” dan “Saya melakukan marketing yang cukup untuk kebutuhan saya saat ini”.

Sangat mudah untuk jatuh ke dalam zona nyaman ini ketika Anda perlu mengelola segala hal lainnya (manajemen produk, teknologi, operasi, SDM, keuangan) sehari-hari dan memadamkan api yang sering terjadi di semua fungsi di atas.

Namun di tengah pusaran, masuk akal untuk menyisihkan waktu untuk memikirkan pemasaran statup Anda.

Karena pemasaran bukan hanya fungsi. Ini membantu Anda menyempurnakan konsep startup Anda, raison d’etre-nya, ikigai-nya. Dalam beberapa kasus, itu tidak hanya menyempurnakannya. Itu mendefinisikannya.

Saya pernah bekerja dengan startup yang menginginkan situs web. Tapi yang mereka butuhkan adalah narasi merek yang mendefinisikan dan memandu semua yang mereka lakukan di berbagai media.

Manifesto dari apa adanya dan bukan, dan empat pilar tujuan mereka, semuanya diartikulasikan oleh agen eksternal (kita) dengan sepasang mata yang segar. Begitu kami memberi mereka itu, mereka mengambilnya jauh di luar tugas situs web dan menyematkannya ke semua yang mereka lakukan.

Setelah bekerja dengan startup dan peningkatan dalam teknologi kesehatan, tekfin, dan teknologi pangan, saya telah mengidentifikasi tiga tahap dalam pemasaran rintisan mana pun.

Bergantung pada startup, umurnya, pendanaannya, dan visi para pendirinya, startup yang berbeda perlu bekerja dalam berbagai tahap pemasaran mereka.

3 Tahapan Pemasaran Startup yang Dapat Mendongkrak Hasil yang Efektif

Inilah upaya saya untuk menyederhanakan dan mengartikulasikan ketiga tahap ini. Saat kami membahas daftar ini, jangan ragu untuk memastikan di mana posisi startup Anda saat ini.

Dasar-dasar merek

Tahap pertama adalah apa yang saya sebut fundamental merek. Hal ini membutuhkan kepastian esensi merek Anda dan menyaringnya ke dalam bentuk yang mengatur setiap komunikasi yang pernah dilakukan oleh merek Anda. Ya, startup Anda adalah sebuah merek, baik besar maupun kecil.

Ini terkadang terlihat seperti piramida merek atau rumah merek. Ada banyak varian berbeda dari ini, tetapi semuanya memiliki konsep dasar tertentu di dasarnya, seperti atribut produk, manfaat fungsional, dan manfaat emosional.

Saat Anda menaiki piramida, konsep mengambil bentuk yang lebih tinggi, seperti kepribadian produk dan pemosisian produk. Di bagian paling atas akan menjadi esensi tertinggi dari sebuah merek.

Ini bisa berupa “kecantikan dan harga diri yang sesungguhnya” (jika Anda adalah merek perawatan kulit) atau “kesehatan dan kebersihan” (jika Anda adalah merek pembersih tangan), atau “membantu orang menjalin hubungan melalui kopi” (jika Anda adalah merek kafe atau kopi)

Akan lebih baik jika Anda tidak memetiknya dari udara tipis untuk mengisi artefak seperti piramida atau rumah.

Akan lebih baik jika Anda memiliki ahli strategi yang menghabiskan banyak waktu untuk meneliti perusahaan Anda, penggunanya saat ini, calon pengguna, kelemahan mereka, pesaing, dan seterusnya sebelum menyaring esensi unik Anda dan merangkumnya dengan cara yang ringkas namun informatif.

Hasil kreatif dasar

Tahap kedua adalah apa yang saya sebut hasil kreatif dasar. Beginilah tampilan startup Anda di mata dunia.

Situs web yang tidak hanya menyenangkan secara estetika tetapi juga memiliki kredibilitas SEO yang tinggi. Kehadiran yang menyenangkan di media sosial pilihan Anda.

Iklan di luar rumah atau materi cetak jika Anda anggap cocok. Atau, mengingat dunia kita yang semakin digital, Anda mungkin lebih baik berinvestasi di podcast atau platform acara.

Sementara itu, jangan abaikan kebutuhan dasar seperti jaminan bisnis sehari-hari dan penampilan kantor Anda. Semua hal ini perlu diambil langsung dari dasar-dasar yang telah Anda rumuskan di tahap pertama. Esensi merek Anda tidak bisa hanya tinggal di dokumen dan dek internal Anda.

Keluaran kreatif yang mendasar adalah bagaimana ia melihat cahaya hari dan menjadi terlihat oleh dunia yang lebih luas di luar mereka yang bekerja dengan Anda.

Hasil kreatif tingkat lanjut

Tahap ketiga adalah apa yang saya sebut output kreatif tingkat lanjut. Anda mungkin ingin mengumumkan merek Anda secara besar-besaran melalui video yang menakjubkan. Anda dapat mencoba kampanye media sosial yang terikat waktu atau pasar tertentu.

Anda mungkin memerlukan kehadiran di toko, dalam hal ini pemasaran pembelanja Anda perlu dipikirkan dengan baik.

Anda bahkan mungkin memutuskan untuk menggunakan pengalaman aktivasi AR/VR di tempat umum. Ini bisa dibilang bagian pemasaran yang paling menyenangkan.

Idealnya, tahap satu (fundamental merek) harus dilakukan sekali, dan harus kokoh di tempatnya.

Terkadang Anda mungkin ingin memikirkannya kembali, misalnya, jika Anda memasuki pasar baru. Tetapi jika Anda mendapati diri Anda meninjau kembali dasar-dasar merek Anda berulang kali, kemungkinan Anda belum memecahkannya.

Tahap dua (keluaran kreatif dasar) mungkin memerlukan pemikiran ulang secara teratur, mengingat tren desain situs web yang terus berkembang. Tetapi bahkan itu idealnya tidak banyak berubah.

Pikirkan merek favorit Anda, dan kemungkinan besar, mereka tidak secara drastis mengubah suara media sosial atau estetika halaman acara mereka secara tiba-tiba.

Tahap tiga (keluaran kreatif tingkat lanjut) dapat berubah. Bahkan, untuk menjaga hal-hal segar dan menarik, saya sarankan mereka harus dalam keadaan fluks.

Bersenang-senanglah dengan cara tak terduga dan kreatif untuk menghidupkan merek Anda sambil secara sadar menyaring apa merek Anda dan bukan.

Beberapa merek memiliki hak untuk melakukan humor. Beberapa tidak. Beberapa merek dapat berbicara dengan otoritas pengetahuan. Lainnya dengan keakraban seorang teman. Pastikan bahwa setiap hasil kreatif tetap sesuai dengan siapa merek Anda.

Perhatikan bahwa saya mengatakan siapa merek Anda, bukan merek Anda.

Tidak ada startup yang ingin tetap menjadi startup selamanya. Tetapi risiko itu ada jika Anda terjebak dalam angin puyuh di sini dan sekarang dan gagal memperkuat fundamental yang akan membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan.

Proses tiga tahap yang saya uraikan dimaksudkan sebagai panduan sederhana yang dapat memberi Anda sedikit kejelasan ekstra yang Anda cari. Saya harap ini membantu!

Berita Terkait

Baca Juga

Berita Populer