Rental Mobil di Solo Kewalahan Penuhi Order, Efek Pernikahan Kaesang-Erina

Rental Mobil di Solo Kewalahan Penuhi Order, Efek Pernikahan Kaesang-Erina

 

Selidiki.com, SOLO — Pengusaha rental mobil panen cuan selama rangkaian acara pernikahan Kaesang-Erina baik di Jogja dan Solo, Sabtu-Minggu (10-11/12/2022).

Mereka sampai harus mengambil mobil dari luar kota lantaran stok mobil tak mampu memenuhi tingginya permintaan sewa mobil dari konsumen.

Rangkaian acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) berlangsung pada 10-11 Desember. Acara akad nikah dilaksanakan di Pendopo Agung Royal Ambarukmo di Jogja pada 10 Desember.

Rangkaian acara pernikahan dilanjutkan di Solo pada 11 Desember. Mulai dari upacara adat pernikahan Jawa di Loji Gandrung.

Lalu kirab 12 kereta kuda menyusuri Jl Slamet Riyadi menuju Pura Mangkunegaran yang menjadi lokasi tasyakuran pernikahan.

Rangkaian acara pernikahan Kaesang-Erina berimbas pada tingginya permintaan sewa mobil yang digunakan tim panitia pernikahan maupun tamu undangan. Pesanan sewa mobil mengalami kenaikan lebih dari 100 persen saat acara pernikahan tersebut.

“Sebenarnya, permintaan sewa mobil melonjak sejak sederet event di Solo pada November. Namun, puncaknya memang saat pernikahan putra Pak Jokowi,” ujar salah satu pengusaha rental mobil di Soloraya, Bagus Wahyu AR, saat berbincang dengan Selidiki.com, Senin (12/12/2022).

Bagus menyebut permintaan mobil yang paling laris, yakni kelas premium seperti Toyota Innova Reborn dan Toyota Alphard.

Hal ini berimbas pada kenaikan harga sewa mobil. Harga sewa mobil Toyota Innova Reborn naik dari Rp850.000 per hari menjadi Rp2 juta per hari.

Sedangkan harga sewa mobil Toyota Alphard selama rangkaian acara pernikahan Kaesang-Erina di Solo Jogja juga mengalami kenaikan secara signifikan. Harga sewa mobil Toyota Alphard bisa mencapai Rp10 juta per hari.

“Harga normal sewa mobil Toyota Alphard dibanderol Rp3 juta per hari. Pas acara pernikahan Kaesang-Erina naik tiga kali lipat,” ujar dia.

Paket Sewa Mobil

Namun begitu, Bagus juga memberikan paket sewa mobil selama tiga hari berturut-turut mulai 9-11 Desember dengan harga Rp9 juta.

Sedangkan untuk sewa mobil hanya sehari saat akad nikah saja atau ngunduh mantu saja dibanderol Rp10 juta per hari.

Saking tingginya pesanan sewa kendaraan roda empat itu, para pengusaha sewa mobil kehabisan stok mobil kelas premium. Mereka harus memutar otak untuk memenuhi permintaan sewa mobil dari konsumen.

Mereka akhirnya berkoordinasi dengan sesama pengusahà bisnis rental mobil di luar Soloraya. “Stok mobil di garasi sudah habis dipesan panitia pernikahan maupun tamu undangan.

Akhirnya kami mengambil mobil dari Surabaya dan Semarang. Kalau Jogja kondisinya juga sama saja. Full booked,” ujar dia.

Lebih jauh, Bagus menyampaikan sebagian mobilnya saat masih dipakai tim pernikahan maupun tamu undangan pada Senin.

Mereka ingin berbelanja oleh-oleh atau berwisata di Solo dan sekitarnya.

“Terakhir masa pinjam mobil hari ini [Senin]. Mungkin nanti sore atau malam dikembalikan. Sekarang masih dipakai untuk berbelanja oleh-oleh dan cinderamata,” timpal dia.

Seperti diketahui, setelah akad nikah di Jogja, Sabtu, Kaesang-Erina menggelar resepsi pernikahan di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu. Keluarga Presiden Jokowi mengundang 6.000-an orang mulai dari kepala negara, pejabat, para menteri, hingga warga biasa.

Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *