Google Uji Robot Baru yang Bisa Memprogram Dirinya Sendiri

Google Uji Robot Baru yang Bisa Memprogram Dirinya Sendiri

SelidikiNews – Apa yang membuat pemrograman sulit dipelajari? Alasan utama kenapa programming dianggap sulit untuk dipelajari terutama karena kompleksitas instruksi yang dipahami komputer.

Kamu tidak dapat memberikan instruksi komputer dalam bahasa Inggris atau bahasa manusia lainnya. Tetapi peneliti robotika Google sedang mencari cara untuk memperbaikinya dengan membuat robot mulai coding.

Google telah mengembangkan program robot (Code as Policies) yang dapat menulis kode pemrogramannya sendiri berdasarkan instruksi bahasa alami.

Alih-alih harus masuk ke file konfigurasi robot untuk mengubah block_target_color dari #FF0000 ke #FFFF00, Kamu cukup mengetik “pick up the yellow block” dan robot akan melakukan sisanya.

Code as Policies (atau disingkat CaP) adalah model bahasa khusus pengkodean yang dikembangkan dari Pathways Language Model (PaLM) Google untuk menginterpretasikan instruksi bahasa alami dan mengubahnya menjadi kode yang dapat dijalankan.

Peneliti Google melatih model dengan memberikan contoh instruksi (diformat sebagai komentar kode yang ditulis oleh pengembang untuk menjelaskan apa yang dilakukan kode untuk siapa pun yang meninjaunya) dan kode yang sesuai.

Google Uji Robot Baru Yang Bisa Coding Dirinya Sendiri
Credit Foto: zdnet.com

Baca juga: Startup EduTech Ubah Pendidikan Jadi Lebih Baik, Apa Buktinya?

Dari situ, ia dapat mengambil instruksi baru dan “secara otomatis menghasilkan kode baru yang menyusun ulang panggilan API, mensintesis fungsi baru, dan mengekspresikan loop umpan balik untuk mengumpulkan perilaku baru saat runtime,” insinyur Google menjelaskan dalam posting blog yang diterbitkan minggu ini, Dengan kata lain, diberikan prompt seperti komentar, itu bisa muncul dengan beberapa kemungkinan kode robot.

Untuk mengeksplorasi kemungkinan ini, Google telah mengembangkan Code as Policies (CaP), sebuah formulasi robot-sentris dari program yang dihasilkan model bahasa yang dijalankan pada sistem fisik yang membantu robot untuk memulai pengkodean.

CaP memperluas pekerjaan kami sebelumnya, PaLM-SayCan, dengan mengaktifkan model bahasa untuk menyelesaikan tugas robot yang lebih kompleks dengan ekspresi penuh kode Python tujuan umum.

Kode sebagai Kebijakan Google memungkinkan satu sistem untuk melakukan berbagai tugas robotik yang kompleks dan beragam tanpa pelatihan khusus tugas.

Sistem AI yang memberi daya pada CaP awalnya tidak dirancang untuk menghasilkan kode konfigurasi robot.

Robot Google Nulis codenya sendiri
Kredit Foto: Google.com

Menurut Google, para penelitinya melatih sistem untuk melakukannya menggunakan metode yang dikenal sebagai pembelajaran beberapa kali.

Mengajar sistem AI untuk melakukan tugas baru biasanya melibatkan penyediaan sejumlah besar contoh yang menunjukkan bagaimana tugas harus dilakukan.

Dengan pembelajaran beberapa kali, peneliti dapat melatih sistem AI hanya menggunakan beberapa contoh, yang mempercepat pengembangan.

Peneliti Google melatih CaP dengan memberikan contoh bagaimana instruksi bahasa alami dapat diterjemahkan ke dalam kode konfigurasi robot.

CaP menulis perangkat lunak dalam bahasa pemrograman Python. Selain menghasilkan kode baru, alat ini juga dapat menggambar di perpustakaan perangkat lunak, kumpulan kode yang sudah dikemas sebelumnya yang mengotomatiskan tugas-tugas umum.

Google mengatakan bahwa pendekatannya telah terbukti lebih efektif daripada pendekatan yang ada untuk mengonfigurasi robot untuk tugas-tugas baru.

Baca juga: Apakah Kita Siap untuk Robo Tаxі?

“Eksperimen kami menunjukkan bahwa mengeluarkan kode menghasilkan generalisasi dan kinerja tugas yang lebih baik daripada mempelajari tugas robot secara langsung dan menghasilkan tindakan bahasa alami,” Liang dan Zeng merinci.

Bersamaan dengan kode untuk CaP, Google telah merilis alat pengujian benchmark untuk mendukung penelitian lebih lanjut.

Alat benchmark akan memungkinkan peneliti untuk lebih mudah membandingkan seberapa baik sistem AI yang berbeda melakukan tugas terkait robotika.

Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *