7 Tips Hidup Bahagia

7 Tips Hidup Bahagia

SelidikiNews – Apakah kamu bangun dengan perasaan lesu di pagi hari? Apakah minuman berkafein menjadi kebutuhan untuk membantumu menjalani hari?

Jika ini terdengar familier, inilah saatnya untuk membuang perbaikan cepat yang harus kamu lakukan, dan mengembangkan rencana manajemen energi.

Memulai mungkin tampak mengesalkan, tapi kamu akan segera dapat energi untuk melanjutkan begitu mendapatkan kembali manfaat dari gaya hidup yang lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif.

Apa itu manajemen energi?

Ingat energi kamu sebagai sumber daya yang terbatas, seperti uang dalam rekening.

Kamu memulai hari dengan jumlah tertentu untuk dibelanjakan. Jumlahnya bervariasi dari orang ke orang berdasarkan faktor-faktor, seperti usia, tidur, tingkat stres, kondisi medis, dan gaya hidup.

Aktivitas dan interaksi menarik energi dari atau menyetor energi. Meskipun kamu mungkin tidak selalu memiliki kendali atas aktivitas yang menghabiskan energi, kamu dapat mengambil langkah-langkah untuk menyetor lebih banyak energi ke tubuhmu.

Ikuti tujuh tips ini untuk meningkatkan energi Anda dan menjalani kehidupan yang lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif:

1. Makan makanan bergizi

Diet yang seimbang dan sehat adalah inti dari kesejahteraan. Tapi itu umum untuk menganggap makan sehat terutama sebagai alat untuk menurunkan berat badan. Menurut Pedoman Diet 2020, diet seimbang yang tinggi buah dan sayuran, protein tanpa lemak, susu rendah lemak, dan biji-bijian diperlukan untuk energi yang optimal.

Konsumsilah berbagai makanan dari semua kelompok makanan untuk mendapatkan berbagai nutrisi untuk menyediakan energi sepanjang hari.

Pilih buah dan sayuran segar atau beku, terutama sayuran berdaun hijau dan brokoli yang padat nutrisi, serta sayuran oranye, seperti wortel dan ubi jalar.

Kamu dapat memilih dari banyak jenis ikan dan kacang-kacangan untuk dipilih sebagai pilihan protein yang sehat. Usahakan untuk makan 3 ons sereal gandum, roti, nasi atau pasta setiap hari.

Baca juga: Elon Musk Resmi Akuisisi Twitter dan Memecat 4 Petinggi Lama Termasuk CEO dan CFO-nya

2. Tidur tujuh sampai delapan jam per malam.

Memprioritaskan tidur adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan diri untuk hari yang sukses dan penuh energi.

Kurang tidur dapat melanggengkan kondisi kesehatan yang serius, serta secara negatif memengaruhi suasana hati, motivasi, dan tingkat energi Anda.

Tidur yang berkualitas adalah kebiasaan sehat yang perlu ditingkatkan oleh banyak orang.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh hingga delapan jam untuk menutup mata setiap malam, jadi apa yang mencegah mereka untuk mendapatkannya?

Amati pola tidur Anda jika Anda kesulitan tidur. Catat berapa banyak Anda tidur setiap malam, faktor-faktor yang berkontribusi pada tidur Anda atau kurang tidur, seberapa istirahat Anda, dan berapa banyak energi yang Anda miliki sepanjang hari. Kemudian cobalah strategi tidur untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, seperti menciptakan lingkungan yang santai dan tenang, meminimalkan cahaya dan kebisingan, menetapkan rutinitas waktu tidur, mengelola stres, dan mematikan perangkat elektronik.

Apa pun yang Anda putuskan untuk memulai, konsistenlah. Memanfaatkan rutinitas tidur dan strategi tidur yang sama akan membantu mengembangkan jam alarm internal tubuh Anda dan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Dengan peningkatan kualitas tidur, orang mengalami kesehatan yang lebih baik, dan kesejahteraan emosional yang lebih baik, risiko penyakit yang lebih rendah, dan lebih produktif.

3. Bertemanlah dengan orang-orang baik.

Maksimalkan jumlah waktu yang Anda habiskan bersama orang-orang yang Anda sukai. Terhubung dengan orang lain yang memancarkan kepositifan dan memiliki minat yang sama akan menggairahkan dan memberi energi pada Anda.

Di sisi lain, orang yang tidak berhubungan dengan Anda atau yang memiliki pandangan negatif, sering mengeluh, atau membuat pilihan yang buruk hanya akan menguras energi Anda. Selektif tentang perusahaan yang Anda pertahankan.

Sangat penting untuk menetapkan batasan dan batasan untuk melindungi diri sendiri dan menghemat energi Anda saat berada di sekitar orang yang tidak mengisi ulang cadangan energi Anda.

4. Tidak overdosis konsumsi berita

Mengkonsumsi berita adalah cara penting untuk tetap terhubung dengan apa yang terjadi di dunia. Itu bisa mendidik, menghibur, dan bahkan membangkitkan semangat.

Sayangnya, berita terlalu sering diisi dengan cerita penderitaan. Kisah-kisah ini dapat mengubah pandangan Anda tentang dunia dan menyebabkan Anda berfokus pada ketakutan terburuk Anda alih-alih mengenali hal-hal baik yang mengelilingi Anda.

Anda tidak dapat menghindari cerita-cerita ini sama sekali, tetapi cobalah untuk meminimalkan eksposur Anda ketika Anda bisa, terutama selama masa-masa sulit.

5. Berolahraga secara teratur.

Apakah Anda merasa lesu di tengah hari? Pernahkah Anda merasa lelah dengan tugas sehari-hari yang sederhana, seperti berbelanja bahan makanan atau pekerjaan rumah tangga? Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan merekomendasikan agar orang dewasa menyelesaikan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang setiap minggu. Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda yakini, ini akan menambah akun energi Anda dan tidak menguranginya.

Latihan mengurangi stres dan ketegangan, memperkuat otot dan meningkatkan daya tahan, dan membantu tubuh Anda bekerja lebih efisien selama tugas atau aktivitas fisik lainnya.

Baca juga: Startup EduTech Ubah Pendidikan Jadi Lebih Baik, Apa Buktinya?

6. Lakukan sesuatu yang berarti setiap hari.

Apa yang Anda rasakan bergairah? Apakah Anda memiliki bakat khusus yang ingin Anda latih lebih sering atau bagikan dengan orang lain?

Lakukan sesuatu yang Anda nikmati setiap hari, bahkan jika itu tindakan sederhana seperti memasak makanan sehat atau mendengarkan lagu favorit Anda.

Berusaha keras untuk hal-hal yang paling penting bagi Anda akan membantu Anda menggunakan dan menyimpan energi Anda dengan cara yang akan mengeluarkan yang terbaik dari diri Anda.

7. Positif thinking terhadap orang lain.

Mempertahankan pola pikir welas asih adalah cara lain untuk menghemat energi.

Salah satu contoh mempraktikkan cara berpikir ini disebut perhatian yang baik. Misalnya, cobalah melakukan kontak mata dengan orang asing dan tersenyum, sambil berpikir, “Semoga kamu baik-baik saja.”

Sebaliknya, tindakan positif ini dapat mencegah Anda menilai orang itu. Menghakimi orang lain dapat menyebabkan kita menilai diri kita sendiri, dan jenis dialog internal negatif seperti itu bisa melelahkan.

Semoga dengan 7 tips ini kamu akan merasa lebih baik dengan setiap langkah yang kamu ambil menuju investasi perawatan diri yang penting ini.

Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *