Cara Memperbaiki Diri 15 Tips Menjadi Versi Terbaik Anda

Cara Memperbaiki Diri: 15 Tips Menjadi Versi Terbaik Anda

SelidikiNews – Pernahkah merasa terjebak dalam kebiasaan?

Terjebak di tempat yang sama dan merasa tidak ada yang berubah bisa membuat Anda frustrasi. Saat Anda mendekam, rasanya seperti Anda tidak bergerak maju menuju tujuan Anda.

Salah satu cara untuk mematahkan kebiasaan ini adalah dengan mengambil tindakan. Membuat keputusan sadar untuk memperbaiki diri sendiri dapat memberdayakan dan memotivasi.

Tetapi perbaikan diri terkadang mendapat rap yang buruk, dan untuk alasan yang bagus. Keinginan kami untuk meningkatkan diri telah melahirkan industri yang penuh dengan peretasan buruk yang dapat membuat Anda merasa lebih frustrasi daripada sebelumnya. Atau, itu terasa menyenangkan tetapi tidak membuat Anda maju.

Bekerja untuk meningkatkan diri sendiri dapat berdampak positif pada kesejahteraan Anda sendiri dan hubungan Anda dengan keluarga, teman, dan kolega.

Mari kita jelajahi 15 hal yang dapat Anda coba yang akan memajukan Anda — terlibatlah dalam kesejahteraan Anda sendiri dan pelajari cara memperbaiki diri Anda sendiri.

Apa yang dimaksud dengan memperbaiki diri? Growth?

Bagi sebagian orang, gagasan untuk meningkatkan diri sendiri sangat memotivasi. Bagi orang lain, akan lebih membantu jika menganggapnya sebagai growth. Growth atau bertumbuh itu positif dan tidak selalu berupa garis lurus.

Meningkatkan diri sendiri adalah perjalanan yang sangat pribadi, dan hal-hal spesifik dapat berubah dari orang ke orang. Hal ini membutuhkan menempatkan dalam pekerjaan dan bersedia untuk mengalami ketidaknyamanan.

Perubahan tidak nyaman. Pertumbuhan membutuhkan peregangan melewati apa yang Anda ketahui. Tetapi setiap langkah yang Anda ambil adalah bagian dari proses untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda.

Perubahan perilaku bisa menjadi proses yang panjang, tetapi tidak harus melelahkan.

Dalam pidatonya, Atomic Habits, James Clear berbicara tentang kekuatan untuk meningkatkan hanya 1% setiap hari. Memperbaiki diri sendiri bisa berupa serangkaian perubahan kebiasaan kecil, seperti meluangkan waktu lima menit dalam sehari untuk lebih sadar. Atau itu bisa menjadi proses yang lebih terlibat, seperti mengatasi ketakutan.

Namun, memperbaiki diri sendiri tidak berarti mengubah inti diri Anda. Misalnya, jika Anda seorang introvert, Anda tidak perlu bercita-cita untuk menjadi seorang ekstrovert.

Di sisi lain, jika Anda memiliki kecemasan sosial, Anda dapat berlatih teknik belajar untuk mengatasi ketidaknyamanan Anda. Akhirnya Anda dapat sepenuhnya menaklukkan kecemasan sosial Anda sehingga dapat menavigasi aturan sosial dengan lebih mudah.

Kenapa begitu penting belajar bagaimana memperbaiki diri?

Ada beberapa alasan untuk terus memperbaiki pada diri.

Setiap kali Anda meningkatkan dalam satu aspek kehidupan Anda, Anda dapat merasa lebih terpenuhi saat Anda mulai mencapai tujuan Anda. Dan memperbaiki diri dapat membantu Anda dalam setiap aspek kehidupan.

Misalnya, memperbaiki diri di tempat kerja dapat membantu Anda meningkatkan performa, menemukan lebih banyak makna dalam pekerjaan Anda, dan bahkan dipromosikan.

Memperbaiki diri juga dapat membantu Anda meningkatkan hubungan pribadi Anda, meningkatkan kemampuan Anda untuk menetapkan batasan, dan membentuk ikatan yang lebih dekat dengan orang yang Anda cintai. Bertindak untuk meningkatkan diri sendiri adalah bentuk perawatan diri, dan jika Anda merawat diri sendiri dengan lebih baik, kemungkinan besar Anda akan memiliki lebih banyak untuk diberikan kepada orang lain.

Baca juga: 7 Tips Hidup Bahagia

Tambahan, Anda dapat mengembangkan tujuan peningkatan bersama orang yang Anda cintai. Mendapatkan dukungan mereka meningkatkan peluang Anda untuk sukses, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama dapat membantu Anda lebih dekat.

Akhirnya, belajar bagaimana meningkatkan diri sendiri adalah kemampuan yang berharga untuk dimiliki di dunia di mana Anda harus terus-menerus beradaptasi. Mengetahui bahwa Anda memiliki kapasitas untuk berubah dapat membuat Anda lebih percaya diri tentang masa depan dan mengurangi rasa takut akan ketidaknyamanan.

Anda pernah ke sana sebelumnya. Anda telah memiliki sejarah keberhasilan dalam mengembangkan dan meningkatkan diri Anda — Anda dapat melakukannya lagi.

15 cara untuk memperbaiki diri

Ingin belajar cara meningkatkan diri dan merasa lebih baik? Berikut adalah 15 tips yang dapat Anda terapkan dalam hidup Anda segera untuk menjadi diri dengan versi terbaik.

1. Luangkan waktu untuk istirahat

Sebelum Anda belajar bagaimana menjadi lebih baik, penting untuk memulai dengan dasar-dasarnya. Anda perlu memenuhi kebutuhan dasar Anda sebelum melanjutkan ke perbaikan diri. Salah satunya adalah dengan menyediakan waktu untuk istirahat dan perawatan diri.

Ada banyak jenis istirahat. Apakah ada saat-saat dalam jadwal Anda di mana Anda memiliki kesempatan untuk tidak melakukan apa-apa dan beristirahat? Saat-saat istirahat yang tenang itu dapat membantu Anda mendekompresi dan memproses apa yang terjadi di hari Anda.

Itulah mengapa meluangkan waktu untuk istirahat dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan Anda.

Selain itu, saat Anda cukup istirahat, Anda akan memiliki lebih banyak bandwidth untuk bekerja dengan cara lain yang dapat Anda lakukan sendiri dengan lebih baik.

Membaca buku yang banyak
Membaca buku yang banyak

2. Baca buku yang banyak

Ada buku tentang hampir semua hal. Jadi, membaca lebih banyak buku dapat membantu Anda menjelajahi minat Anda saat ini, tetapi juga mengembangkan minat baru. Anda bahkan dapat mempelajari keterampilan baru dengan buku.

Beberapa buku ditulis secara khusus untuk membantu Anda mulai mengerjakan perbaikan diri dan bertumbuh. Anda juga dapat membaca untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan Anda.

Tetapi bahkan tenggelam dalam novel fiksi dapat memberikan keajaiban bagi Anda. Intinya adalah apa pun hasrat yang mungkin Anda miliki (atau ingin tahu), luangkan waktu untuk membacanya.

3. Mulai latihan bersyukur

Salah satu cara untuk belajar bagaimana menjadi orang yang lebih baik adalah dengan mensyukuri apa yang Anda miliki.

Mempraktikkan rasa syukur atas situasi Anda saat ini dapat membantu Anda menghindari perasaan pahit tentang apa yang tidak Anda miliki.

Anda juga tidak perlu merasa bersyukur tentang hal-hal besar. Cobalah untuk memperhatikan hal-hal kecil yang membuat Anda bahagia dan membuat Anda merasa bersyukur.

Anda dapat menyempurnakan latihan syukur Anda dari waktu ke waktu. Dengan latihan, akan lebih mudah untuk secara alami memikirkan apa yang Anda syukuri. Persepsi baru ini dapat mengubah hidup Anda menjadi lebih baik.

4. Pelajari bahasa baru

Tidak ada kata terlambat untuk belajar bahasa baru. Mempelajari cara berbicara bahasa lain membantu Anda berpikir secara berbeda dan melihat hal-hal di sekitar Anda dengan cara baru. Hal ini juga dapat membuka pintu untuk Anda.

Anda akan membenamkan diri dalam budaya lain saat Anda mempelajari bagaimana bahasa lain beroperasi misalnya bahasa Inggris, bahasa Korea, dan lain bahasa asing lainnya. Plus, Anda dapat melakukan perjalanan ke tempat-tempat di mana orang berbicara bahasa yang Anda pelajari.

Mempelajari bahasa kedua dapat membantu Anda lebih dari sekadar membantu Anda selama perjalanan Anda ke luar negeri. Bahkan dapat membantu Anda dengan peluang karir Anda.

5. Coba meditasi

Meditasi memberi Anda cara yang bagus untuk memperlambat di dunia yang serba cepat. Bahkan hanya beberapa menit sehari meditasi dapat membantu Anda memperbaiki diri dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa meditasi dapat meningkatkan kecemasan, depresi, dan skor rasa sakit, terutama selama masa krisis.

Anda juga akan menjadi lebih sadar akan pola pikir Anda. Perhatian ini berarti Anda dapat belajar lebih banyak tentang diri Anda dari waktu ke waktu. Ini dapat membantu Anda menemukan kebiasaan buruk yang berdampak negatif pada suasana hati dan kehidupan Anda.

Meditasi juga dapat membantu Anda melatih pernapasan penuh perhatian dan meningkatkan kesadaran diri Anda.

6. Tulis jurnal

Membuat jurnal adalah cara yang bagus untuk melengkapi praktik meditasi dan rasa syukur Anda. Itu juga membuat hobi baru yang hebat.

Anda dapat menulis tentang hal-hal yang Anda syukuri di jurnal Anda. Anda juga dapat berlatih bagaimana menjadi lebih sadar akan pikiran Anda sendiri.

Plus, penelitian menunjukkan bahwa menulis jurnal dapat meningkatkan kesejahteraan Anda dan mengurangi tekanan mental. Penelitian yang sama menunjukkan bahwa peserta telah meningkatkan ketahanan mereka setelah dua bulan pertama menulis jurnal terus menerus.

Ketika Anda mulai menulis di jurnal Anda, lakukan yang terbaik untuk tidak menyensor diri Anda sendiri. Tulis apa yang terlintas dalam pikiran, dan jangan menilai apa yang keluar.

7. Konsumsi makanan sehat

Lebih mudah untuk menjalani kehidupan terbaik Anda ketika Anda merasa berenergi dan terisi dengan baik. Apa yang Anda makan memiliki pengaruh besar pada perasaan Anda.

Mulailah memperhatikan apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda. Makan berbagai makanan yang berbeda dalam warna yang berbeda di semua kelompok makanan.

Cobalah makan makanan segar kapan pun Anda bisa. Jika Anda tidak punya waktu untuk memasak makanan sehat di rumah, carilah alternatif lain, seperti berlangganan paket makanan atau layanan katering sehat.

8. Banyak Gerak atau Berolahraga

Sementara nutrisi memainkan peran besar dalam perasaan Anda, gerakan dan olahraga juga memiliki peran untuk dimainkan.

Ada berbagai cara untuk mulai bergerak lebih banyak. Misalnya, Anda dapat memulai olahraga baru dan bahkan meminta seorang teman bergabung dengan Anda untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama mereka.

Jika Anda tidak tertarik untuk berolahraga atau bergabung dengan gym, Anda masih dapat menemukan cara lain untuk menambahkan gerakan ke dalam hidup Anda. Misalnya, Anda bisa mulai berjalan kaki setiap hari.

Anda juga dapat memulai rutinitas olahraga dari kenyamanan rumah Anda sendiri. Banyak rutinitas latihan gratis tersedia secara online, yang berarti selalu ada hal baru untuk Anda lakukan jika Anda bosan.

9. Berbuat baik pada orang lain

Berbuat baik adalah salah satu cara terbaik untuk menjadi diri Anda yang lebih baik.

Pertama, gratis. Tidak perlu banyak usaha untuk bersikap baik alih-alih acuh tak acuh atau tidak baik.

Kedua, itu dapat membantu Anda merasa jauh lebih baik tentang diri Anda sendiri.

Ketiga, dapat meningkatkan kehidupan orang lain juga. Menunjukkan kebaikan mengharuskan Anda untuk menjadi lebih sadar akan orang-orang di sekitar Anda. Dengan melakukan itu, Anda akan melihat lebih banyak apa yang dibutuhkan orang, bahkan ketika mereka tidak mengatakannya.

Misalnya, Anda mungkin melihat seorang rekan kerja sedang berjuang dengan sesuatu yang dapat Anda bantu. Atau Anda mungkin melihat orang asing berjuang untuk membuka pintu dengan kereta dorong bayi.

Buatlah tujuan untuk melakukan satu tindakan kebaikan secara acak setiap hari. Jika Anda sudah mulai membuat jurnal, catat bagaimana perasaan Anda dan bagaimana reaksi orang lain.

10. Habiskan lebih banyak waktu di luar ruangan

Jika Anda bekerja di kantor (dan bahkan jika Anda bekerja dari jarak jauh), kemungkinan Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu di luar di siang hari.

Temukan peluang dalam jadwal Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan. Jika Anda memiliki akses ke area alam, pertimbangkan untuk menghabiskan waktu di sana.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa bahkan berjalan kaki singkat selama 15 menit di hutan dapat menurunkan suasana hati negatif seperti kecemasan, kelelahan, kemarahan, dan depresi. Dalam studi tersebut, jalan-jalan di hutan lebih efektif daripada jalan-jalan di kota.

Mereka juga lebih efektif pada peserta yang memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi.

Dengan pakaian yang tepat, Anda dapat memanfaatkan alam bebas bahkan saat cuaca tidak sempurna. Pertimbangkan untuk menghemat uang untuk berinvestasi dalam pakaian luar yang kuat yang dapat melindungi Anda dalam cuaca apa pun.

Jika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan, pastikan Anda dilengkapi dengan baik untuk itu. Misalnya, pastikan Anda memiliki sepatu hiking yang bagus jika Anda mulai mendaki.

11. Buat daftar tujuan

Jika Anda ingin memperbaiki diri dari waktu ke waktu, penting untuk mulai menetapkan tujuan.

Saat Anda menuliskan tujuan tertentu, Anda dapat mulai melacak kemajuan Anda dari waktu ke waktu. Ini adalah hal lain yang bisa Anda buat jurnal.

Misalnya, Anda dapat menetapkan tujuan untuk berjalan kaki setiap hari selama 30 menit pada akhir tahun. Anda dapat mencapai tujuan Anda secara bertahap.

Misalnya, jika saat ini Anda tidak jalan-jalan, Anda bisa mulai dengan berjalan kaki singkat 10 menit tiga kali seminggu. Setiap minggu, Anda dapat menambah panjang jalan kaki Anda.

Dan setiap beberapa minggu, Anda dapat menambahkan jalan kaki baru ke jadwal Anda hingga Anda mencapai target jalan kaki harian.

12. Berusahalah untuk Taklukkan rasa takut Anda akan kegagalan

Takut gagal dapat menghentikan Anda dari mengambil langkah maju untuk mencapai tujuan Anda dan bekerja pada pengembangan diri Anda.

Untuk memperbaiki diri sendiri, penting untuk menemukan cara untuk melakukan hal-hal sulit, bahkan ketika rasa takut menahan Anda. Itulah mengapa penting untuk mengatasi ketakutan Anda akan kegagalan dan keluar dari zona nyaman Anda.

Untuk taklukkan rasa takut ini, Anda bisa mulai dengan hal-hal kecil dan menaklukkan rasa takut yang lebih besar. Ini berarti Anda tidak harus mulai dengan menaklukkan rasa takut Anda berbicara di depan umum dengan mendaftar untuk memberikan seminar di tempat kerja.

Sebagai gantinya, Anda dapat mengerjakannya sedikit demi sedikit.

Misalnya, berlatih berbicara di depan umum secara pribadi kepada orang-orang yang dekat dengan Anda yang Anda percayai, seperti keluarga atau pasangan Anda.

Seiring waktu, Anda dapat mulai berlatih di depan lebih banyak orang. Setiap kali Anda berbicara di depan orang baru, Anda akan membuktikan kepada diri sendiri bahwa Anda dapat menaklukkan rasa takut akan kegagalan.

Ingatlah bahwa kegagalan masih akan terjadi, dan tidak apa-apa. Tahan keinginan untuk menyalahkan diri sendiri ketika Anda gagal. Rangkullah kegagalan dan lihat itu sebagai batu loncatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda.

13. Batasi aktivitas yang menguras energi Anda

Pernah perhatikan saat menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menelusuri media sosial melemahkan suasana hati Anda yang baik?

Pernahkah Anda menemukan bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu di sekitar orang-orang negatif menguras energi Anda?

Cobalah untuk memperhatikan apa yang memuaskan Anda dan apa yang membuat Anda lelah sepanjang hari.

Beberapa aktivitas yang menguras energi Anda mungkin tidak dapat dihindari, seperti memperbarui anggaran atau berbelanja bahan makanan.

Tetapi ada faktor-faktor lain yang jauh lebih dapat Anda kendalikan.

Misalnya, coba hapus aplikasi media sosial di ponsel Anda jika suasana hati Anda sedang buruk setelah terlalu banyak scroll-scroll ponsel Atau coba batasi berapa banyak waktu yang Anda habiskan dengan orang-orang yang selalu negatif di sekitar Anda.

14. Berlatih mengatakan tidak untuk menegaskan batasan Anda

Sangat mudah untuk mengatakan ya kepada semua orang dan segalanya, bahkan ketika Anda merasa tidak nyaman. Ini bisa terjadi di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadi Anda.

Beberapa anggota keluarga mengundang Anda ke rumah mereka pada hari Anda menyisihkan waktu untuk Anda? Anda diizinkan untuk mengatakan tidak dan menyimpan hari itu untuk diri sendiri.

Manajer Anda meminta untuk melihat sesuatu saat Anda sedang berlibur? Anda juga dapat memilih untuk mengatakan tidak.

15. Bekerja Ikhlas

Kerja ikhlas terjadi ketika Anda menjelajahi pengalaman batin Anda.

Ini melibatkan semua proses, nilai, dan model mental yang Anda gunakan untuk menavigasi dunia. Beberapa contoh termasuk pengambilan keputusan, kesehatan spiritual, dan kesadaran diri.

Kerja ikhlas bisa menjadi lebih efektif bila Anda menggabungkannya dengan dukungan dari pelatih dan lingkaran dalam tepercaya yang dapat membantu Anda berefleksi dan mengambil tindakan.

Tips bonus: Bertumbuh bersama mentor

Salah satu cara terbaik untuk tumbuh dan berkembang adalah dengan mendapatkan dukungan. Dengan bekerja dengan seorang mentor, Anda mendapatkan seseorang yang dapat membantu Anda melihat diri Anda lebih jelas dan siapa yang ada untuk membantu Anda sukses. Anda layak memiliki seseorang di sudut Anda.

Seorang mentor dapat memberi Anda perspektif baru tentang peningkatan diri yang tidak akan Anda miliki sendiri.

Mereka juga dapat membantu Anda dengan aspek peningkatan spesifik lainnya yang dapat membantu Anda berkembang dalam hidup, seperti memperbaiki pola makan dan meningkatkan ketahanan Anda.

Pelajari cara memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas hidup Anda

Perbaikan diri adalah unik untuk setiap orang. Ini adalah proses yang sangat pribadi.

Itulah mengapa memperbaiki diri dengan dibantu mentor dapat membantu Anda menetapkan tujuan spesifik yang sesuai untuk Anda.

Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *