Edukasi Islam

MUI Laksanakan Pelatihan Pemulasaran Jenazah Warga

Selidiki.com – Bayah kabupaten Lebak Banten bertempat di Aula Desa, 22 Warga yang terdiri dari perwakilan dari masing – masing kampung yang ada di Desa Bayah Barat Kec. Bayah Kabupaten Lebak-Banten megikuti Pelatihan pemulasaran Jenazah yang dilaksanakan oleh MUI Desa dan Pemerintahan Desa Bayah Barat, Kamis,22/9/2022

Peserta pelatihan yang terdiri dari Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda, Perangkat Desa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, turut hadir pula dari ketua MUI Kec. Bayah, Kepala KUA, dan dari unsur Kecamatan. dalam kesempatan ini ketua MUI Mengapresiasi kegiatan ini.Acara dilaksanakan pada pukul 8.30 WIB dengan memberikan sambutan dan dibuka langsung oleh kepala desa. dalam sambutannya Usep suhendar selaku Kepala desa berpesan agar kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dan ini merupakan bagian dari persiapan regenerasi petugas pemulasaran jenazah dan kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini Bapak/Ibu semuanya akan akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat terkait dengan pemulasaran jenazah. Walaupun hukumnya Fardlu Kifayah, tetapi ilmunya saya yakin akan terpakai suatu saat, ” tuturnya.

Kegiatan pelatihan pemulasaran jenazah ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Desa Bayah Barat bahkan se kecematan bayah. sebagai pemateri, Ustad Ajat memaparkan tentang perawatan orang tentang sakaratul maut, Sebelum masuk materi tahizul jenazah (merawat mayit), kita mulai dari perawatan orang sakaratul maut  membutuhkan pendampingan karena ia sedang berjuang yang sangat mennetukan di akhir hayatnya, apakah ia meninggal dengan husnul khatimah atau tidak. Maka ada beberapa hal yang harus dilakukan terhadap muhtadlir antara lain dengan mentalqin denhan kalimah tahlil” jelasnya.

Selanjutnya Pemateri memberikan materi tentang perlakuan tentang muhtadlir setelah dipastikan meninggal hingga tata cara memandikan jenazah sesuia dengan syariat islam.

setelah itu menyampaikan materi tentang tata cara mengkafani jenazah dengan parktik langsung  dengan sejumlah peralatan yang sudah disediakan oleh panitia antara lain : kain kafan, gunting dan boneka seukuran manusia dewasa. antusiasme peserta Nampak terasa pada sesi ini dengan mengambil posisi duduk lebih dekat agar terlihat lebih jelas dan dari peserta ikut membantu dalam proses pemotongan kain kafan.

Ketua MUI dan Kepala KUA kecamatan Bayah sangat mengapresiasi diadakannnya kegiatan ini, semoga tidak hanya di desa ini saja akan tetapi bias di laksanakan di desa yang lainnya yang ada dikecamatan bayah” Pungkasnya.

Reporter “Den”

Komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Content is protected !!