Aceh

Kisah Novita, Gadis Lumpuh yang Punya Cita-cita Sekolah Ngaji

Kisah Novita, Gadis Lumpuh Sejak Lahir yang Punya Cita-Cita Mulia
Foto: Linda Novita menderita lumpuh sejak usia 10 tahun, terbaring kaku di Rumahnya (6/11/2020)

SELIDIKI.COM, ACEH UTARA – Linda Novita, seorang gadis  berusia 24 tahun asal Desa Ulee Matang, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh menderita lumpuh sejak usia 10 tahun.

Linda Novita adalah anak ke 7 dari 12 bersaudara. Ia lahir pada 13 September 1997, dari pasangan suami istri Muhammad Isa dan Jamaliah.

Selama 14 tahun berlalu, Novita tidak bisa beraktivitas apa-apa.

Ia hanya bisa terbaring kaku di lantai rumah panggungnya. Untuk buang air besar dan kecil, harus digotong orang tua, kakak dan juga adiknya Asmaul Husna yang berusia 14 tahun. Begitu pula saat ia hendak makan dan mandi dan membersihkan tubuhnya.

“Dulu waktu saya kecil tangan dan kaki masih bisa digerakkan bahkan saya bisa merangkak, memasuki usia 10 tahun setelah tsunami saya tidak bisa duduk lagi, tapi saya masih bisa menguyah makanan dengan mudah, sejak memasuki usia 15 tahun kondisi saya semakin parah, saya tidak bisa bergerak, saya susah untuk mengunyah makanan, sampai sekarang tubuh saya semakin kaku semua dan menekuk”, ujar Linda Novita, Jum’at (6/11/2020).

Banyak rumor yang mengatakan bahwa Linda Novita jatuh dari sepeda
akan tetapi Novita membantah akan hal tersebut.

Baca juga: Viral Kisah Ibu Meninggal dalam Keadaan Tеrѕеnуum ѕеtеlаh Mеlаhіrkаn

“Saat kecil ibu bilang bahwa saya memiliki benjolan di leher, tapi saya tidak tahu nama penyakit tersebut. Sampai sekarang masih belum sembuh juga. Ketika kecil saya tidak suka minum ASI. Saya sering meminta minuman yang manis-manis”, ujar Linda Novita.

“Ya sudah, Ibu hanya bisa pasrah, mau diobati pun memang nggak sembuh-sembuh. Memang Allah sudah menakdirkan saya begini, yang dipikirkan orang lain orang tua saya tidak berusaha mengobati, padahal orang tua saya selalu mengusahakan untuk saya. Sementara itu kondisi ekonomi kami pun kurang mampu”, tandasnya.

Sementara itu dari segi bantuan dari pemerintah Novita mengatakan pernah menerima bantuan hanya dua kali, yang pertama ia mendapatkan kursi roda dan uang. Dan satu kali lagi hanya mendapat uang saja. Setelahnya Novita tidak pernah menerima bantuan sampai saat ini.

Muhammad Isa berharap kondisi keluarganya diketahui oleh pemerintah, sehingga anaknya bisa mendapat bantuan dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

Baca juga: Kisah Nyata! Rezeki Suami Makin Mengalir Saat Percayakan Gaji 100 Persen ke Istri

Dari atas rumah panggung, Novita hanya bisa menyaksikan aktivitas orang tua, kakak dan juga adik-adiknya.

Novita ingin beraktivitas seperti kakak dan adik-adiknya yang normal. Namun, kondisi fisik menghambat Novita untuk bergerak bebas.

“Saya dulu hanya punya cita-cita yaitu bisa berjalan, karena saya ingin pergi mengaji (sekolah ngaji di pesantren), saya sangat suka pergi mengaji,” ucap Novita sambil memelankan suaranya.

Setelah mengucap kalimat itu, Novita tertunduk dan diam tanpa kata. [Murniati]

Berita Populer

To Top