Daftar Top 10

10 Cara Hacker Meretas Komputermu,Wajib Tahu Sebelum Terlambat!

10 Cara Hacker Meretas Komputermu,Wajib Tahu Sebelum Terlambat

SELIDIKI.COM – Seseorang yang tidak kita kenal bisa saja meretas komputer kita, mencuri identitas, mencuri informasi keuangan tanpa kita sadari. Sebelum semuanya terlambat mari kita pelajari dan ketahui cara peretas atau kacker masuk ke dalam sistem kita.

Dengan memahami beberapa cara hacker meretas maka kita sudah menjauhkan diri kita dari target pihak jahat di dunia maya, tanpa harus memahami semua jargon teknis yang mereka pakai.

Oleh karena itu, simak daftar 10 Cara Hacker Meretas Komputermu seperti dilansir SELIDIKI dari listverse.com berikut ini!

1. Via Komputer Hotel

Saat kamu menginap di sebuah hotel mungkin ada yang menyediakan komputer publik yang bisa diakses oleh para pelanggan. Kamu haruslah hati-hati saat berselancar di lautan internet, karena bisa jadi informasi bank atau email kamu bisa bocor. Sebab kamu tidak pernah tahu siapa saja yang menggunakannya sebelum kamu. sebaiknya kamu harus waspada, ya.

2. OS Komputer atau Aplikasi Kedaluwarsa

Masih menggunakan Windows XP? Yuk segera move-on dari sekarang. Saat ini Windows XP sangat rentan dan tidak lagi diperbarui oleh Microsoft. Jika kamu tidak memperbarui sistem operasi komputermu, serta semua perangkat lunak yang terpasang di dalamnya, maka ini dapat diretas dengan cukup mudah.

Langkah yang harus dilakukan adalah usahakan selalu memperbaharui, update, upgrade OS dan software dengan terbaru dan masih didukung oleh vendor.

Baca juga: 6 Cаrа Buat Web Frееlаnсe untuk Pеnulіѕ, Dеѕіgnеr, dаn Prоgrаmmеr Kеkіnіаn

3. Susupi Jaringan Iklan

Salah satu cara mudah bagi si peretas untuk menayangkan perangkat lunak perusak di situs web terpercaya adalah dengan menyusupi jaringan iklan yang digunakan situs web tersebut untuk menampilkan iklan.

4. Drive USB Tidak Aman

Kecuali kamu membelinya dan tahu persis apa yang ada di dalamnya, jangan pernah mencolokkan drive USB yang tidak dikenal ke komputermu.

Ini berlaku untuk kartu SD, CD, dan DVD juga. Perangkat lunak berbahaya dapat berjalan secara otomatis untuk menginfeksi mesin kamu, terkadang tanpa kamu sadari.

Selalu perbarui perangkat lunak antivirus yang terinstal di komputermu, ya gaes!

Baca juga: Kita Harus Sukses, Meski Tidak Terlahir Dari Keluarga Kaya, Bagaimana Caranya?

5. Malware

Berpotensi berasal dari berbagai sumber, ini tidak hanya menampilkan jendela munculan atau mengganggu Anda saat memasang software antivirus, tetapi juga dapat mengubah komputermu menjadi ‘zombie’ yang dapat dibangunkan saat peretas memutuskan untuk menggunakannya.

Dalam banyak kasus, hacker akan mengontrol ‘botnet’ yang terdiri dari ribuan zombie untuk melancarkan serangan terhadap seseorang, perusahaan, pemerintah, atau situs web kita.

Ketika tiba-tiba komputer kamu terlibat dalam upaya itu! Jangan mengunduh perangkat lunak dari lokasi yang tidak terpercaya, dan selalu perbarui antivirus kamu, yaya!

6. Password yang dipakai berulang kali

Kamu harus selalu menggunakan kata sandi unik untuk setiap akun situs web yang kamu miliki. Jangan masuk ke Facebook dengan kata sandi yang sama dengan yang kamu gunakan untuk bank kamu, misalnya.

Jika satu akun situs web disusupi, seperti yang sering terjadi akhir-akhir ini, peretas yang mendapatkan nama pengguna / kata sandi kita dapat mencoba kombinasi itu di situs web lain.

Semakin sering kamu menggunakan kata sandi yang sama di banyak tempat, semakin besar kemungkinannya untuk berlipat ganda. akun disusupi. Oleh karena itu pasang password yang berbeda-beda yaa.

Baca juga: Subhanallah! Penemu 4G, 5G dan 6G dаrі ITB, Dapat Inspirasi dаrі Alԛurаn dan Hаdіѕt

7. Phising atau jebakan batman/link tipu-tipu

Berhati-hatilah dengan apa yang kamu buka atau klik di email kamu!

Para peretas sangat ahli dalam menyamarkan email palsu yang berisi lampiran berbahaya, atau tautan ke situs web berbahaya yang dirancang untuk menyusupi komputer kita.

Mereka bahkan dapat membuat email ini tampak seperti berasal dari sumber tepercaya, seperti bank kamu. Bahkan ada sesuatu yang disebut “spear phishing,” yaitu ketika peretas menargetkan kamu secara khusus lalu dibujuk  untuk membuka file atau mengklik link.

Mungkin saja hacker itu sudah cukup tahu tentang kamu dari halaman Facebook publikmu untuk membuat email yang mungkin berhasil menipu kamu.

Jenis serangan manipulasi psikologis ini adalah salah satu yang paling populer karena sering berhasil, perlu diingat bahwa bank atau situs web paling terkemuka tidak akan pernah meminta kamu untuk mengklik tautan dan masuk (kecuali jika itu adalah email pengaturan ulang kata sandi).

Jadi jika kamu klik tautan seperti itu, periksa kembali apakah kamu berada di tempat yang benar sebelum memasukkan kredensial login ya.

Sedangkan untuk lampiran email, jangan pernah membuka apa pun kecuali kamu mengharapkannya dan itu berasal dari seseorang yang kamu kenal gaees.. begitu.

Baca juga: 5 Cara Kumpulkan Dana Untuk Bisnis Usaha Rintisan (Startup) Anda

8. WiFi umum

Jangan percayai kalo WiFi di kedai kopi atau bandara yang sering kita kunjungi itu aman-aman saja. Sebab kita tidak pernah tahu apakah peretas jahat berparade sebagai titik akses WiFi, berharap kita terhubung dan mencoba masuk ke bank kita, misalnya.

Mereka juga dapat mengendus semua traffic di titik akses WiFi yang normal, memindai PC kita untuk mencari kerentanan, dan banyak lagi.

Selalu gunakan VPN jika kamu perlu menggunakan WiFi gratis, gunakan firewall di sistem kamu, dan selalu perbarui semuanya.

9. Cross-Site Scripting (XSS)

Hacker dapat memanfaatkan kelemahan pada kode javascript situs web untuk menyusupi cookie yang disimpan di browser web kamu yang dapat mereka ambil informasi pribadimu, atau bahkan kredensial masuk ke situs web itu dan lainnya.

Dalam beberapa kasus, mereka bahkan dapat mencuri konten papan klip sistem, cookie situs web lain, dan nama pengguna / kata sandi. Mirip dengan unduhan drive-by, jenis serangan ini dapat terjadi ketika mengunjungi situs web yang dapat dipercaya. Sayangnya, pemilik situs web biasanya tidak menyadari bahwa semua ini sedang terjadi.

10. Drive-By Download

Ini adalah istilah yang terdengar menakutkan, dan memang demikian, karena dapat terjadi saat mengunjungi situs web yang biasanya dapat dipercaya.

Jika kita mengunjungi situs web yang telah diretas, situs web tersebut mungkin bertindak normal, tetapi situs web tersebut dapat memindai komputer atau perangkat seluler untuk menemukan kerentanan, menginstal perangkat lunak berbahaya melalui vektor apa pun yang ditemukannya, kemudian dapat melakukan hampir semua hal.

Ya, termasuk mencuri data kamu dan aku, memantau perilaku kita, diam-diam melihat kita melalui webcam, dan banyak lagi.

Jika ternyata perangkatmu belum diperbarui atau ditambal baru-baru ini, perangkat lunak berbahaya dapat saja diinstal melalui serangan drive-by Donwload, memungkinkan si hacker untuk sepenuhnya mengendalikan sistem kita.

Usahakan selalu perbarui komputer dan perangkat seluler kamu, dan gunakan perlindungan malware / virus saat ini agar tetap aman.

itu dia daftar 10 Cara Hacker Meretas akun si target, aku, kamu dan dirinya yang wajib kamu ketahui dan waspadai selalu ya. Jangan sampai terlambat. Nyawa dan uang bisa jadi taruhannya. begituuu teman-teman, semoga bermanfaat, berfaedah untuk kamu. Share artikel ini ke sosial media dan sahabatmu agar mereka juga aman, sejahtera, dan sentosa.

 

To Top