Lifestyle

Asal Usul Kata “OK” yang Ternyata Udah Berusia Ratusan Tahun!

Asal Usul kata OK

SELIDIKI.COM – Baru-baru ini, yang namanya bahasa mulai ngehits kembali diperbincangkan, ya? Salah satunya adalah obrolan tentang bahasa khasnya anak Jakarta Selatan (Jaksel). Nah, karena bahasa lagi naik daun banget buat jadi bahan obrolan, guys! kita mau kasih ilmu baru nih supaya kamu kalau lagi ngobrol sama temen-temen bisa bagi ilmu juga, hehe.

Kali ini SELIDIKI.COM akan menjelaskan tentang asal muasal dari kata OK yang dikenal sebagai Bahasa Inggris dengan arti iya kalau dibahasa Indonesiakan.

Kamu penasaran nggak sih, dari mana coba asal dan muasalnya nih kata-kata yang cuma 2 huruf aja udah punya makna mengiyakan. Nihhh simak langsung penjelasannya!

1. Asalnya dari Kepanjangan “All Correct”

Banyak yang mengira, selama ini kepanjangan dari OK adalah Okay. Tapi pemirsaahh, itu kurang benar!

Seperti dilansir dari Huffington Post, ternyata OK adalah kata slang atau gaulnya dari orl korrect atau yang disebut dengan all correct.

2. Banyak Dipakai Masyarakat Amerika Serikat di tahun 1839

Kalau kata-kata kuyyyy terkenal di tahun 2018-an, kata slang OK ternyata udah tua banget umurnya!

Kata ini pertama kali digunakan di Boston, Massachusetts pada tahun 1839. Kalau dihitung dari tahun 1839 ke tahun 2018 sih usianya udah 179 tahun. Wadddaaaw! Lama juuga, ya.

Disadur dari oxforddictionaries.com, di tahun itu tidak hanya kata-kata OK saja yang ngehits guys. Ada kata-kata unik lainnya seperti KY yang memiliki arti know use atau OW yang merupakan singkatan dari oll wright (plesetan dari all right).

Tapi yang populer waktu itu adalah OK, dan buktinya sampai saat ini juga terkenal, ya!

3. Semakin Terkenal Karena Dipakai Kampanye

kevin van buren asal usul kata OK

kevin van buren (Photo via History.com)

Kata OK semakin terkenal saat seorang politikus asal New York yakni Martin van Buren menggunakan kata ini sebagai nama kampanyenya.

Pada tahun 1940, Martin van Buren pakai kata OK untuk kampanyenya dengan cara menamai organisasinya tersebut dengan nama OK Club.

Dikutip dari Huffington Post, OK sendiri di organisanya adalah inisial dari Old Kinderhook yang merupakan tempat kelahiran Martin van Buren yakni Kinderhook, New York. (Provoke-online.com)

Sharing is caring!
  • 4
    Shares
  • 4
    Shares
To Top
error: Content is protected !!