News

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata ini Alasan Bung Karno selalu Memakai Peci Miring

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Siapa yang tidak tahu akan sosok presiden pertama dan Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Ir. Soekarno atau kerap dipanggil Bung Karno? Bung Karno lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Ia lahir di rumah yang sangat sederhana.

Ada sedikit kontroversi tentang kota kelahiran Bung Karno, ada yang mengatakan bahwa Blitar adalah kota kelahiran Bung Karno. Namun, fakta ini dibantah oleh sejumlah data lain, yang menyatakan bahwa Son of Dawn (Putra Sang Fajar) memang lahir di Surabaya.

Sosok yang Sangat Kritis Sejak Muda

Soekarno Masa kecil Lebaran

Saat masih muda Soekarno memang sudah dikenali sebagai orang yang sangat kritis. Saat memasuki usia remaja, Soekarno juga mendapat bimbingan langsung dari tokoh nasional lainnya, yaitu HOS Cokroaminoto. Itu terjadi ketika Soekarno berhenti di rumah Cokroaminoto.

Selain Soekarno, di rumah Cokroaminoto sebenarnya ada beberapa orang lain yang kemudian menjadi tokoh berpengaruh di Indonesia. Diantaranya adalah Semaun, dan Kartosoewiryo. Di antara mereka yang tampak paling menonjol adalah Soekarno.

Tampil Memakai Peci Miring

Ternyata ini Alasan Bung Karno selalu Memakai Peci Miring

Saat tumbuh dewasa, Soekarno mulai sering mengenakan peci yang berwarna hitam. Alasan Soekarno mengenakan peci  hitam adalah karena ia ingin menampilkan identitas Indonesia yang sebenarnya.

Namun, pernahkah kamu melihat foto Presiden Soekarno dengan topi miring? Apa alasan Soekarno memakai topi miring? Jawabannya dapat ditemukan di ‘Ndalem Pojok’ di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri.

Alasan memakai peci miring, Ternyata?

Alasan Bung Karno selalu memakai peci miring adalah untuk menutupi luka di keningnya saat jatuh dari pohon beringin.

RM Soeharyono, keponakan dari RM Soemosewoyo, yang juga ayah angkat Bung Karno, mengatakan bahwa Soekarno memang memiliki bekas luka.

Namun sayangnya, pohon beringin yang menyaksikan jatuhnya Soekarno telah roboh sekitar tahun 1970-an karena dihempas angin.

Sharing is caring!
  • 6
    Shares
  • 6
    Shares
To Top
error: Content is protected !!