Bisnis

5 Tips Menarik Sukses Jadi Freelancer Tanpa Harus Stres Hadapi Klien

Cara sukses jadi freelancer

SELIDIKI.COM – Menjadi seorang freelancer (pekerja lepas) memang dapat memberikan berbagai kemudahan. Modal utama seorang freelancer selain disiplin kita juga dituntut untuk menjaga sikap profesionalitas.

Meskipun Anda tidak terikat oleh kontrak kerja dengan perusahaan, memberikan hasil terbaik kepada klien adalah suatu keharusan. Itulah yang dapat membuktikan keseriusan Anda terhadap komitmen dalam pekerjaan Anda.

Gaya hidup freelancer memang memiliki banyak keuntungan (kebebasan, jam fleksibel, potensi kaya raya lebih besar), tetapi kadang-kadang, mengelola ekspektasi klien dapat benar-benar melemahkan kesabaran Anda.

Berikut ini kami telah merangkum dari Purewow.com untuk Anda para kuli digital atau para Freelancer kiat-kiat agar lebih sukses tanpa harus stres berhadapan dengan klien, hingga Anda dapat mengubah setiap tugas menjadi kemenangan.

1. Buat Rincian Awal yang Jelas

Jelaskan ruang lingkup kerja Anda dengan rinci lebih awal dengan jelas pada klien. Tahap ini adalah untuk mencegah kejutan dan masalah yang timbul di tengah perjalanan kerja Anda nantinya. Baiknya ini dilakukan sebelum Anda berbicara kompensasi.

2. Menulis SOP

Setelah rincian kerja dibicarakan, buat kontrak dengan jelas dengan menerangkan rincian dan tugas pokok Anda dalam kerja sama ini. Buat juga tenggang waktu kerja yang harus dipenuhi dan apa yang harus dilakukan jika terjadi komplikasi. Ini melindungi Anda dan juga memberi ketenangan pikiran bagi klien Anda.

Atur Jadwal Pengerjaan dan Tenggang waktu

Atur Jadwal Pengerjaan dan Tenggang waktu

3. Buat Rencana dan Jalankan

Tentu saja, setiap freelancer harus berusaha untuk mencapai setiap tenggang waktu yang telah disetujui sebelumnya. Perencanaan yang tepat dan berbagi rencana dengan klien dapat membantu memberikan harapan yang realistis serta menghalangi proyek creep (merangkak) dan tak terselesaikan.

Baca juga: 5 Tren Teknologi yang Sejauh ini Lagi Booming Banget di Tahun 2018

4. Laporkan Jalannya Pekerjaan

Klien ingin tahu bahwa Anda bekerja keras atas nama mereka, sehingga memberikan laporan kemajuan pekerjaan secara rutin adalah cara yang terbaik untuk menunjukkan kepada mereka bahwa rencana mereka untuk menguasai dunia sedang berjalan di jalur yang benar.

Freelancer melaporkan pekerjaan

Freelancer melaporkan pekerjaannya ke klien

5. Klarifikasi, Klarifikasi, Klarifikasi

Tidak ada yang lebih buruk daripada menghabiskan berjam-jam hanya untuk mencari tahu sesuatu yang telah hilang dalam penerjemahan dan Anda harus mundur. Tidak ada salahnya untuk berkomunikasi berlebih dengan klien — terutama jika ini adalah pertama kalinya Anda bekerja sama — untuk memastikan bahwa Anda memahami apa yang mereka cari dan mereka memahami apa yang mereka minta.

Itulah dia 5 tips bagaimana caranya sukses jadi freelancer tanpa harus tertekan saat menghadapi klien Anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Terapkan 5 Cara ini agar Anda Produktif di Tempat Kerja

Sharing is caring!
  • 7
    Shares
  • 7
    Shares
To Top
error: Content is protected !!