News

Kalian Harus Tahu, Inilah Kelebihan Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno

Kelebihan Ma'ruf Amin- Sandiaga Uno

Selidiki.com, Jakarta – Dua calon wakil presiden, Ma’ruf Amin dan Sandiga Uno sangat disorot pada hari-hari terakhir pendaftaran calon presiden dan wakil presiden. Memang, kedua nama itu belum terlalu santer sebelumnya dalam kantong saku para capres, namun akhirnya nama mereka berdua pun yang terpilih sebagai calon wakil presiden dari kedua kubu, Jokowi maupun Prabowo Subianto.

Ma’ruf Amin menemani Jokowi, sementara Sandiaga Uno bersama Prabowo Subianto. Mereka akan bertarung dalam pemilihan presiden 2019. Apakah kamu sudah tahu?

Inilah kelebihan dari Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno:

1. Banyak pengalaman di dunia politik

Perjalanan politik Maruf Amin dimulai pada Pemilu 1971. Pada pemilihan umum itu, dia berhasil menjadi anggota DPRD DKI Jakarta pada usia 28 tahun. Selama menjadi legislator di Ibu Kota, Ma’ruf Amin beberapa kali menduduki posisi strategis. Antara lain sebagai Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Pimpinan Komisi A DPRD DKI Jakarta.

Lalu, dia menyeberang dari PPP ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Keputusan ini mengantarkannya menjadi Ketua Komisi VI DPR. Dia juga sempat duduk sebagai Anggota MPR.

Pada rentang waktu cukup panjang yakni 2001-2007, dia fokus di MUI, sebagai Ketua Komisi Fatwa dan Dewan Syariah Nasional. Kemudian, pada 2007, Ma’ruf Amin ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) dari unsur ulama hingga 2014.

Baca juga: Jokowi Pilih Ma’ruf Amin Sebagai Cawapres, Terungkap Inilah Alasannya

2. Ma’ruf Amin menguasai ekonomi syariah

Laman resmi Nahdlatul Ulama menyebut, pada Rabu, 24 Mei 2017, Ma’ruf Amin mendapatkan gelar profesor dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Magribi, Malang. Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Menristek Dikti) Nomor 69195/A2.3/KP/2017, tentang pengangkatannya sebagai profesor dengan status sebagai dosen tidak tetap dalam bidang Ilmu Ekonomi Syariah di UIN Malang.

Calon Presiden Jokowi mengatakan Ma’ruf memiliki rekam jejak dan pengalaman yang lengkap. Tak hanya di pemerintahan saja, Ma’ruf juga mengetahui tentang permasalahan ekonomi.

“Pada saat beliau dikukuhkan sebagai profesor, pidato pengukuhannya adalah berkaitan dengan arus ekonomi baru Indonesia. Artinya beliau sangat mengetahui ekonomi,” ucap Jokowi.

3. Sandi seorang pengusaha sukses

Jika Ma’ruf Amin menguasai ekonomi syariah, Sandi juga mempunyai banyak pengalaman di bidang ekonomi. Sandi seorang pengusaha sukses.

Bahkan namanya masuk dalam orang kaya se Indonesia. Dia mendirikan sebuah perusahaan di bidang keuangan, PT Saratoga Advisor.

Sebelum terjun ke dunia politik Sandi juga pernah menduduki posisi jajaran direksi beberapa perusahaan.

Perusahaannya meliputi PT Adaro Indonesia, PT Indonesia Bulk Terminal, PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia, Interra Resources Limited, dan PT iForte Solusi Infotek.

Pada 2005-2008, Sandi juga menjadi ketua umum Himpunan pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Dia juga menjadi Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sejak 2004.

4. Menjadi wakil gubernur DKI

Dalam dunia perpolitikan Sandi masih terbilang anak baru. Dia serius terjun ke politik setelah maju dalam Pilgub DKI 2017. Siapa yang menyangka dia bersama pasangannya Anies Baswedan bermasil menang. Dalam kepengurusan partai politik, Sandi menduduki posisi sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Namun setelah resmi menjadi calon cawapres Prabowo, Sandiaga rela melepas jabatan. Ia mengundurkan diri dari Partai Gerindra dan dia juga mengundurkan diri dari kursi wakil gubernur DKI.

Sharing is caring!
  • 17
    Shares
  • 17
    Shares
To Top
error: Content is protected !!