Daerah

Misteri Hilangnya Kain Kafan Janji, Begini Kronologisnya

Misteri‎ Hilangnya Tali Kafan Janji
Ilustrasi

Selidiki.com, Sidoarjo – Masyarakat Desa Medalem, Kabupaten Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dikejutkan dengan hilangnya tiga tali kain kafan di tubuh Janji. Kasus pencurian telah dilaporkan ke polisi Tulangan.

Berita tentang hilangnya tiga tali kafan pada jenazah Janji (56) warga Desa Medalem, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur membuat heboh orang di sekitar lokasi kejadian. Sebab di jaman modern ini masih ada pelaku pencurian tali kain kafan.

Diyakini sebagai pencurian tiga tali kain kafan untuk kepentingan ilmu kekebalan. Karena berdasarkan mitos tali kain kafan orang yang meninggal pada hari Kamis Kliwon dapat digunakan untuk ilmu kekebalan.

“Kami menduga perbuatan itu dilakukan oleh orang yang percaya mendalami ilmu kekebalan,” terang Kanit Reskrim Polsek Tulangan Ipda Sudarsono, Minggu (29/7/2018).

Menurutnya, kasus hilangnya tiga tali kain kafan memang betul terjadi. Petugas polsek telah menyaksikan saat penggalian kembali pada kuburan almarhum Janji.

Kemudian berdasarkan kesepakatan keluarga dan perangkat desa, dilakukan penguburan kembali. Ini sesuai dengan kearifan lokal. Pihak keluarga mengaku ikhlas dan tidak mempermasalahkan.

“Hanya ini kejadian aneh yang pertama di makam Madalem, dan semoga tidak terulang lagi. Kita berdoa semoga kebaikan almarhum diterima disisi-Nya,” ucap Sudarsono.

Baca juga: 10 Misteri Mesir Kuno yang Belum Terpecahkan Hingga Kini

Kronologi Kejadian

Kasus hilangnya tali kafan itu sendiri dimulai ketika seorang petani bernama Suryat kembali dari panen sawi di ladangnya.

Petani itu berjalan di pinggir jalan di sekitar area pemakaman Janji. Di tengah perjalanan, Suryat jatuh karena batu sandungan.

Kemudian dia melihat sesuatu yang aneh di balik kuburan janji yang telah meninggal. Kondisi makam tidak seperti umumnya. Karena sepertinya seseorang telah melakukan penggalian.

Selanjutnya Suryat melaporkan temuan tersebut kepada sanak keluarga dari Janji yang telah dijanjikan yaitu Mujiono.

Kemudian Mujiono memberi tahu istri dari janji almarhum, Buarah.

Baca juga: CCTV di Bogor Rekam Penampakan Pengantin Wanita Misterius

Mendapat laporan itu, Buarah kaget. Buarah pun bersama anak-anaknya beserta perangkat desa setempat mendatangi kuburan almarhum Janji.

Sesampai di lokasi, Buarah terkejut melihat kondisi makam tersebut. Pasalnya, seperti baru saja ada yang menggali.

Sehari sebelumnya kondisi kuburan itu baik-baik saja. Akhirnya mereka membongkar makam tersebut untuk memeriksa apa yang terjadi.

“Ternyata setelah dibongkar, saya bersama keluarga dan aparat desa melihat tiga tali kain kafan mayat suami saya, mulai bagian atas kepala, perut dan kaki, semua talinya tidak ada,” terang Buarah.

Buarah meyakini hilangnya tiga tali kain kafan pada jenazah suaminya dicuri oleh seseorang.

Di sekitar lokasi ada bekas kaki, disinyalir itu merupakan bekas kaki pelaku pencurian tiga tali kain kafan.

“Saya yakin pencurian tiga ikat tali terjadi pada Jumat 27 Juli 2018, sehari setelah tidak dijaga keluarga. Karena terakhir dijaga pada Kamis 26 Juli 2018 malam. Dan diketahui pada Sabtu kemarin,” ucap Buarah, Minggu (29/7/2018).

Kemudian hilangnya tiga tali kain kafan ini dilaporkan ke polsek Tulangan, Sidoarjo untuk diselidiki. Sehingga pelakunya diketahui, dan kasus serupa tidak terulang kembali di masa mendatang. [Okz/selidiki]

Sharing is caring!
  • 7
    Shares
  • 7
    Shares
To Top
error: Content is protected !!