Aceh

Din Atom Minta Bakal Calon Rektor Unimal Harus di Tes Baca Al-Qur’an

Selidiki.com, Aceh Utara – Proses pemilihan rektor di Universitas Malikussaleh (Unimal) akan berlangsung dalam waktu dekat ini. Terkait persyaratan menjadi calon rektor, Sekretaris Jendral BEM FISIP Unimal Nazaruddin(Atom) angkat bicara dan meminta Kemenristekdikti untuk menambahkan tes membaca Al-Quran.

Rektor yang merupakan pimpinan birokrasi tertinggi, sekaligus pembuat kebijakan terhadap berjalannya kampus secara efektif bagi seluruh civitas akademika Universitas Malikussaleh.

Menurut Atom tes membaca Al-Qur’an harus ditambahkan,  mengingat provinsi Aceh yang memiliki kekhususan dan punya julukan sebagai Serambi Mekkah.

“Masyarakat Aceh sangat kental dengan budaya keislaman yang dominan. Bagaimana tidak, sudah sepatutnya ada syarat yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti untuk menguji tes baca kitab suci Al Qur’an bagi kandidat yang mengikuti proses pencalonan”, ujarnya seperti dikutip Selidiki.com, Jum’at (27/07/2018).

Menurutnya, Universitas Malikussaleh sebagai kampus peradaban yang menjadi teladan bagi kampus-kampus lain di republik ini.

Karena jika tidak dimasukan syarat untuk menguji baca Al-Qur’an ini menjadi persoalan bersama.

Din atom pun dengan tegas mengatakan dan mengajak seluruh civitas akademika di Unimal untuk bersama menuntut agar syarat mampu membaca Al-Qur’an dijadikan sebagai syarat pencalonan rektor Universitas Malikussaleh.

“Hari ini ketika Kemenristekdikti tidak lagi memasukkan mampu membaca Al-Qur’an sebagai syarat utama bagi calon rektor, maka besar kemungkinan ke depan kampus akan menjadi laboratorium yang mengikis nilai-nilai keislaman sebagai identitas masyarakat Aceh”, pungkasnya.

Sharing is caring!
  • 15
    Shares
  • 15
    Shares
To Top
error: Content is protected !!