Aneh

Langit Siberia Mendadak Gelap Berjam-jam di Siang Bolong, Warga Ketakutan

Fenomena Langit Berdarah Kejutkan Warga Siberia

Selidiki.com, Siberia – Penduduk di distrik Yakutia di Siberia, Rusia dikejutkan oleh fenomena langit yang tiba-tiba gelap di siang hari bolong. Banyak yang menghubungkan peristiwa itu dengan hal-hal mistis, konspirasi UFO, dan peluncuran senjata baru.

Perubahan warna langit di wilayah terdingin di Rusia itu tepatnya terjadi pada 20 Juli lalu sekitar pukul 11:30 hingga 14:00 waktu setempat.

Mula-mula langit berwarna kuning gelap, hingga akhirnya langit siberia itu  benar-benar gelap total sampai malam hari. Padahal saat bulan Juli di wilayah Siberia masih berada di musim semi.

Seperti dilansir Media lokal The Siberian Times, Rabu (25/7/2018), warga tidak merasakan adanya polusi debu selama kejadian tersebut.

Baca juga: Misteri ‘Kembaran’ Saddam Husein Terkuak dari Pengakuan Agen CIA

Awalnya mereka menduga itu mendung dan hujan turun. Tapi tidak ada hujan. Ketakutan pun menyelimuti mereka.

“Banyak yang takut, terutama para lansia, itu tidak gelap tetapi secara bertahap, biasanya stasiun cuaca akan memberitahu kami jika ada gerhana, tetapi ini tidak,” kata seorang warga.

“Kami tidak tahu apa yang harus dilakukan, dan banyak memakai obor saat mereka keluar, rasanya seperti hari mendung, matahari menutupi awan tetapi tidak ada hujan, kami mencoba menebak apa yang mungkin terjadi,” kata warga yang lain.

Langit Siberia Mendadak Gelap Berjam-jam di Siang Bolong, Warga Ketakutan

Selain itu, warga juga mengungkapkan penurunan suhu hingga minus 4 derajat Celcius. Sebelumnya di sekitar Yakutia memang ada kebakaran hutan.

Dikutip dari Live Science, peristiwa yang terjadi di Yakutia kemungkinan akibat kebakaran puluhan ribu hektar hutan yang terjadi pada Mei 2018 silam.

Baca juga: Inilah Waktu Terbaik untuk Menyaksikan Blood Moon Terlama di Indonesia Ini, Rugi Kalau Lewat

Observatorium NASA mengatakan asap dan aerosol dari kebakaran itu dilepaskan hingga ke kota-kota lain. Belum ada penjelasan resmi tentang fenomena tersebut.

Fenomena alam aneh dan langka memang kerap terjadi di Siberia. Seperti ‘hujan darah’ yang terjadi pada awal Juli 2018 lalu. Usai diselidiki rupanya ‘hujan darah’ itu disebabkan oleh polusi udara yang dibuang oleh industri di sana.

Sharing is caring!
  • 32
    Shares
  • 32
    Shares
To Top
error: Content is protected !!