Aceh

KPK Mengungkap Bukti Baru Kasus Karupsi RP8 Triliun Di Aceh

KPK Mengungkap Bukti Baru Kasus Karupsi RP8 Triliun Di Aceh

SELIDIKI.COM, JAKARTA Untuk menguatkan indikasi korupsi Rp8 triliun uang rakyat Aceh, KPK mengamankan sejumlah dokumen proyek dan DOK dari lokasi penggeledahan di Kantor Dinas PUPR Aceh, kantor bupati dan Dinas PUPR di Bener Meriah, Selasa kemarin.

Selain itu, KPK juga menyita barang bukti elektronik di Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh. Sehingga temuan tersebut semakin menguatkan indikasi korupsi dengan cara main fee mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Bupati Bener Meriah Ahmadi dan kroninya.

“Penyidik memandang sejumlah bukti baru ini akan memperkuat perkara yang sedang ditangani,” Pungkas Febri Rabu (11/07/2018)

Baca Juga : Massa Tuntut KPK Bebaskan Irwandi, DPR Aceh: Ada Praperadilan

Sebelumnya KPK menggeledah Kantor Bupati Bener Meriah, Dinas PUPR dan Dispora Aceh, Selasa (10/07/2018).

KPK juga menjadikan Kadispora Aceh Darmansyah sebagai saksi atas kasus dugaan suap Dana otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018, yang telah menjerat empat orang sebagai tersangka.

Darmansyah menjadi orang kelima yang dijadikan KPK sebagai saksi atas dugaan rasuah itu. KPK juga mencegah untuk tidak bepergian ke luar negeri Kepala ULP Aceh Nizarli, Rizal Aswandi Kepala PUPR, Steffy Burase dan Teuku Fadhilatul Amri

Gubernur Provinsi Aceh IY selaku penerima kini disangkakan telah melanggar pasal 12 huruf a atau huruf b atau pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Baca Juga : Informasi Irwandi Yusuf Bebas Hoak Tidak Benar, Ini Penjelasan KPK

Sedangkan Bupati Kabupaten Bener Meriah AMD yang diduga sebagai pihak pemberi kini telah disangkakan melanggar pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b atau pasal 13 Undang-undang nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 20 Tahun 2001
*A1News

Sharing is caring!
  • 4.8K
    Shares
  • 4.8K
    Shares
To Top
error: Content is protected !!