Daftar Top 10

10 Misteri Mesir Kuno yang Belum Terpecahkan Hingga Kini

Misteri mesir kuno yang belum terpecahkan

SELIDIKI.COM – Peradaban Mesir Kuno memang sering membuat banyak orang kagum sekaligus penasaran. Bangunan arsitekturnya yang megah dan kehidupan Timur Tengah yang eksotis menjadi alasan mengapa peradaban ini begitu menarik perhatian.

Tidak hanya itu saja, kerajaan kuno ini juga memiliki begitu banyak hal yang belum terpecahkan hingga kini. Mungkin juga karena inilah banyak ilmuwan yang berusaha keras untuk menyelidiki apa saja misteri di balik peradaban Mesir kuno.

Berikut ini kami sajikan 10 daftar misteri dari negeri raja Fir’aun yang belum terpecahkan hingga saat ini.

10 Daftar Misteri mesir kuno yang belum terpecahkan

1. Labirin Raksasa Mesir yang Hilang

Misteri Mesir Kuno Labirin Mesir yang Hilang

Photo credit: National Research Institute for Astronomy and Geophysics

2.500 tahun yang lalu, ada labirin raksasa di Mesir yang dalam kata-kata orang yang melihatnya, “melampaui piramida.” Itu adalah bangunan besar, setinggi dua lantai.

Di dalam, ada 3.000 kamar yang luar biasa, semuanya terhubung melalui labirin yang berkelok-kelok yang begitu rumit sehingga tidak ada yang bisa menemukan jalan keluar tanpa panduan.

Di bagian bawah, ada tingkat bawah tanah yang berfungsi sebagai makam raja-raja, dan di bagian atas adalah atap besar yang terbuat dari batu raksasa tunggal.

Banyak penulis kuno yang menggambarkan telah melihatnya langsung, tetapi 2.500 tahun kemudian, kita masih belum ‘ tidak yakin di mana tempatnya.

Hal terdekat yang kita temukan adalah dataran tinggi batu setinggi 300 meter (1.000 kaki) yang dipercayai beberapa orang sebagai fondasi labirin.

Pada tahun 2008, sebuah tim spesialis geo-radar mengamati dataran tinggi dan menemukan bahwa di bawahnya, tampaknya ada labirin bawah tanah seperti yang dijelaskan oleh para penulis kuno.

Sampai sekarang, belum ada yang pernah menggali atau melangkah masuk. Sampai seseorang berhasil masuk ke labirin, kami tidak akan tahu pasti apakah kami benar-benar telah menemukan keajaiban arkeologi terbesar Mesir.

2. Ratu Mesir yang Tak Dikenali

Misteri Mesir kuno Ratu Mesir yang Tak Dikenali

Photo credit: Face2Face Africa

Pada tahun 2015, para arkeolog menemukan makam seorang wanita yang dikuburkan di antara piramida besar Kerajaan Lama Mesir. Di dalam makamnya tertulis prasasti yang memanggilnya “istri raja” dan “ibu dari raja.”

4.500 tahun yang lalu, ketika wanita ini masih hidup, dia diketahui jadi salah satu orang paling penting di planet ini.

Dia memiliki kekuatan yang lebih besar daripada wanita lain di negara ini. Dan tidak ada yang tahu siapa dia.

Para sejarawan telah menjulukinya “Khentakawess III,” dengan asumsi bahwa dia adalah putri Ratu Kehntakawess II.

Mereka percaya dia mungkin istri Firaun Neferefre dan ibu Firaun Mekahur — tetapi mereka tidak benar-benar tahu.

Mereka hanya menebak. Jika namanya adalah Khentakawess III, maka tidak ada referensi untuknya dalam hal apa pun yang pernah ditemukan.

Siapapun dia, dia dulunya wanita yang luar biasa kuat, tapi hari ini, dia masih menjadi teka-teki di dunia.

3. Sphinx Mesir Ada di Israel

Misteri Mesir kuno Spynx di Israel

Photo credit: Amnon Ben-Tor, Sharon Zuckerman, Hebrew University’s Institute of Archaeology

Pada tahun 2013 di Tel Hazor, Israel, para arkeolog menemukan sesuatu yang mereka tidak pernah pikirkan sebab begitu jauh dari Mesir, yaitu  sphinx Mesir berusia 4.000 tahun.

Secara khusus, mereka menemukan cakar patung, bertumpu pada sebuah pangkalan.

Sisanya, diyakini, sengaja dihancurkan ribuan tahun yang lalu. Namun, sebelum seseorang menjatuhkannya, tingginya mencapai 1 meter (3,3 ft) dan beratnya setengah ton.

Tidak ada yang tahu apa yang dilakukan patung Mesir di Israel.

Satu-satunya petunjuk yang tertinggal adalah sebuah prasasti di pangkalan yang menyandang nama “Raja Mycerinus,” nama seorang raja yang memerintah Mesir sekitar 2500 SM.

Sangat tidak mungkin bahwa Tel Hazor ditaklukkan oleh orang Mesir.

Selama masa pemerintahan Mycerinus (alias Menkaure), Tel Hazor adalah pusat perdagangan di Kanaan, langsung antara Mesir dan Babel. Itu sangat penting untuk kesejahteraan ekonomi dari dua kekuatan terbesar di daerah tersebut.

Tebakan terbaik kami adalah bahwa itu adalah hadiah. Namun, jika itu adalah hadiah, tidak jelas mengapa Raja Mycerinus mengirimnya — atau, dalam hal itu, mengapa ada yang cukup marah untuk menghancurkannya.

Mungkin kita hanya bisa menduga karena alasan tertentu, seseorang membangun sphinx 1.000 kilometer (600 mil) dari Sphinx Agung Giza.

Baca juga: Buku Harian Ini Ungkap Siapa yang Membangun Piramida Agung Mesir Kuno

4. Kematian Misterius Raja Tut

Misteri kematian Raja Tut

Raja Tutankhamun baru berusia 19 tahun ketika dia meninggal, dan tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi. Kematiannya masih menjadi misteri — tetapi bukan karena ia berada di puncak hidupnya.

Alasan mengapa kematian Tut adalah sebuah misteri sebab ada begitu banyak hal yang salah dengannya sehingga sulit untuk mengatakan yang mana yang menghabisinya.

Raja Tut dalam kondisi kesehatan yang buruk. Dia menderita malaria, untuk satu hal, dan dia terlahir dengan begitu banyak cacat genetika sehingga sejarawan yakin bahwa orang tuanya pastilah saudara laki-laki dan perempuan.

Dia memiliki kaki klub dan cacat genetik yang, beberapa orang percaya, mungkin telah membuat kematiannya tidak lebih dari masalah waktu.

Dia juga memiliki tengkorak retak yang, untuk waktu yang lama, dianggap oleh para arkeolog sebagai tanda bahwa dia telah ditikam di kepala.

Hari ini, diyakini bahwa kepalanya baru saja rusak saat tubuhnya dibalsem, tetapi kemungkinan bahwa dia dibunuh belum dikesampingkan.

Dia mematahkan lututnya sesaat sebelum dia meninggal juga, yang telah menyebabkan teori bahwa dia terbunuh dalam kecelakaan kereta. Jika dia, naik kereta itu di tempat pertama adalah keputusan yang aneh.

Tut cacat sehingga dia bahkan tidak bisa berdiri tanpa ada yang menopangnya.

Satu-satunya hal yang kita tahu pasti adalah Raja Tut tidak mendapatkan banyak kabar baik di bulan terakhirnya hidup.

5. Ruangan Tersembunyi di Piramida

Photo credit: ScanPyramids Mission

Photo credit: ScanPyramids Mission

Piramida terbesar di antara mereka dibangun 4.500 tahun lalu untuk Firaun Khufu. Ini adalah struktur masif hampir 150 meter (490 kaki) tinggi, dibangun dengan lebih dari 2,3 juta blok batu.

Namun, hingga saat ini, tampaknya hanya ada tiga ruang di dalam. Jika itu tampak seperti banyak ruang yang terbuang, Anda tidak sendirian.

Itu sebabnya sebuah tim telah meneliti piramida pada bulan November 2017 untuk melihat apakah ada sesuatu yang mereka lewatkan.

Benar saja, di atas Galeri Besar piramida, mereka menemukan tanda-tanda bahwa mungkin ada ruang tersembunyi yang besar dan luas sebagai ruangan terbesar di seluruh piramida.

Yang aneh adalah bahwa orang Mesir sengaja membangun ruang tersembunyi untuk benar-benar tidak dapat diakses.

Tidak ada koridor atau jalur yang terhubung dengannya. Satu-satunya cara mereka bisa memasukkan apa pun ke dalamnya adalah jika mereka mengisi ruangan ketika mereka sedang membangun piramida, kemudian menyegelnya sesudahnya.

Kami masih belum melihat bagian dalam ruang tersembunyi. Tetapi apa pun yang ada di sana, Pharaoh Khufu tampaknya tidak ingin ia melihat cahaya siang hari.

6. Mumi yang Dibungkus dalam Buku

Misteri mesir kuno Mumi dibungkus kertaas buku

Photo credit: Emadion

Pada tahun 1848, seorang pria membeli mumi Mesir kuno dari seorang penjaga toko di Alexandria. Selama bertahun-tahun, ia memajangnya sebagai hiasan, tidak menyadari betapa anehnya artefak yang ditemukannya.

Setelah mengupas perbannya beberapa dekade kemudian, para ilmuwan menemukan sesuatu yang sangat tidak biasa.

Muminya telah dibungkus dengan halaman-halaman linen sebuah buku — dan itu tidak ditulis dalam bahasa Mesir.

Butuh bertahun-tahun penyelidikan untuk mencari tahu bahasa apa itu, tetapi hari ini kita tahu bahwa itu ditulis dalam bahasa Etruscan, bahasa peradaban kuno yang pernah hidup di Italia modern.

Ini adalah bahasa yang hanya kami ketahui sedikit. Kata-kata yang membungkus mumi ini membentuk teks Etruscan terpanjang yang pernah kami temukan. Masih banyak pertanyaan yang belum terungkap.

Untuk satu hal, kita masih tidak tahu apa yang dikatakan oleh tulisan itu.

Para peneliti tersebut hanya bisa memahami beberapa kata, yang tampaknya seperti tanggal dan nama-nama dewa, dan lebih dari itu, kita hanya bisa berspekulasi tentang apa artinya atau mengapa ada orang yang membungkusnya di sekitar mayat.

Di atas segalanya, kita tidak tahu mengapa sebuah buku Etruscan dibungkus di sekitar mumi di Mesir. Apakah dia Etruscan? Jika demikian, apa yang dia lakukan di Mesir? Dan apa yang dia masukkan dalam pesan terakhirnya kepada dunia? itu semua belum terjawab.

7. Cahaya Dendera

Misteri cahaya dendera

Photo credit: Olaf Tausch

Di dinding sebuah kuil di Dendera, Mesir, ada relief besar yang menunjukkan gambar yang sangat aneh.

Itu menunjukkan, menurut penafsiran yang biasa, seekor ular dalam bola api besar terbang keluar dari bunga teratai sementara dipegang oleh pilar dengan lengan manusia.

Terlihat persis seperti model tabung Crookes, sejenis bola lampu awal yang diciptakan pada abad ke-19.

Bahkan, kelihatannya seperti bola lampu yang menurut beberapa orang mungkin hanya diagram yang menunjukkan cara membuatnya.

Ruangan yang menunjukkan Cahaya Dendera adalah satu-satunya ruangan di seluruh kuil yang tidak memiliki api namun bisa lampu menyala.

Para arkeolog telah menemukan residu yang menunjukkan orang Mesir menyalakan lampu di setiap bagian lain dari gedung kecuali yang satu ini.

Jadi jika mereka tidak memiliki versi awal bola lampu yang disimpan di sini, bagaimana mereka melihat sesuatu? Dan jika ruangan itu gelap gulita, mengapa mereka repot-repot meletakkan gambar yang begitu rumit di balik dinding?

8. Piramida yang Hancur

piramida yang hancur

Photo credit: Roland Unger

Piramida Djedefre harus memiliki titik tertinggi dari piramida apa pun di Mesir. Djedefre memastikannya.

Dia tidak memiliki sumber daya untuk membangun piramida terbesar, tetapi dia menggunakan sedikit solusi untuk memastikan ujung makamnya sedikit lebih tinggi daripada milik orang lain.

Dia membangunnya di atas bukit. Untuk beberapa alasan, meskipun, sementara semua piramida lainnya di Mesir masih berdiri setelah ribuan tahun, piramida Djedefre sendiri telah hancur total.

Yang tersisa hanyalah dasarnya. Tidak ada yang benar-benar jelas tentang apa yang terjadi padanya, tetapi ada beberapa teori.

Beberapa orang berpikir bahwa Djedefre mati begitu saja sebelum mereka dapat menyelesaikan sebagian besar pekerjaan, dan piramidya ditinggalkan dalam reruntuhan.

Yang lain berpikir bahwa orang Romawi menambangnya untuk batu-batu 2.000 tahun yang lalu, menghancurkan monumen bersejarah yang sangat besar.

Dan yang lain lagi berpikir bahwa orang-orang Mesir benar-benar membenci Djedefre — sedemikian rupa sehingga mereka bersedia memisahkan seluruh piramida hanya karena dengki.

9. Hilangnya Nefertiti

Nefertiti

Photo credit: Zserghei

Ratu Nefertiti legendaris karena menjadi salah satu dari sedikit perempuan yang memerintah Mesir.

Dia adalah istri Firaun Akhenaten, kemungkinan ibu Firaun Tutankhamun, dan diyakini telah mengambil alih Mesir dan memerintah pada zaman Mesir Kuno.

Namun, sementara makam firaun lain masih menjulang di Mesir saat ini, tidak ada yang pernah menemukan tempat peristirahatan terakhir Nefertiti. Pencarian makamnya telah berlangsung bertahun-tahun, ia juga masih jadi misteri mesir kuno.

Hingga tahun 2018, para arkeolog hampir yakin bahwa mereka menemukan tempat pemakamannya di sebuah ruang rahasia yang tersembunyi di makam Raja Tut.

Namun, pada bulan Mei, mereka dengan cermat memindai dinding dan menemukan bahwa tidak ada apa pun di sana. Sangat mencekam, tidak disebutkan tentang kematiannya dalam sejarah Mesir.

Setelah sekitar tahun ke-12 pemerintahan Akhenaten, semua menyebutkan dia berhenti sama sekali. Beberapa percaya ini karena dia menjadi firaun dan mengambil nama yang berbeda – tetapi tidak semua orang setuju.

Beberapa orang berpikir bahwa jawaban atas misteri mesir kuno ini sedikit lebih duniawi daripada yang kita harapkan.

Menurut Dr. Joyce Tydseley, penjelasan paling sederhana adalah bahwa Nefertiti tidak pernah menjadi raja di mesir kuno.

Dr Tydseley percaya bahwa orang-orang membuat masalah besar dari Nefertiti pada tahun 1920-an karena patung wajahnya menjadi populer, dan mereka hanya ingin dia menjadi sangat populer untuk mempercayainya.

Menurut Dr. Tydseley, penjelasannya sederhana. Kami tidak tahu apa yang terjadi pada Nefertiti karena dia tidak terlalu penting bagi seseorang.

10. Kerajaan Punt yang Hilang

Misteri kerajaan Punt

Photo credit: Hans Bernhard

Tulisan Mesir Kuno penuh dengan referensi ke tempat yang disebut Punt. Itu adalah kerajaan Afrika kuno yang penuh dengan hewan, emas, gading, dan eksotis yang menggairahkan imajinasi orang Mesir.

Ada banyak yang menyebutkannya dalam tulisan-tulisan kuno. Bahkan ada gambar ratu Punt di sebuah kuil Mesir kuno. Tetapi terlepas dari seberapa kuat dan pentingnya tempat ini, peneliti Mesir kuno itu tidak pernah menemukannya. Jejak yang mereka miliki tentang Punt hanyalah artifak yang disimpan oleh orang Mesir.

Para ilmuwan, putus asa untuk mencari tahu di mana kerajaan ini, mempelajari sisa-sisa mumi dari dua babun yang diperoleh orang Mesir dari Punt dan menetapkan bahwa babon, setidaknya, berasal dari daerah Eritrea modern atau Ethiopia Timur.

Ini, setidaknya, memberi kita titik awal dalam perburuan untuk menemukan Punt — tetapi itu adalah area yang sangat besar untuk pencarian arkeologi. Dan jika kita menemukan reruntuhan Kerajaan Punt, itu akan membuka serangkaian misteri baru untuk dipecahkan dalam mengungkap masa lalu kita.

Hingga saat ini, Misteri Mesir Kuno memang masih menjadi sesuatu hal yang belum diketahui tentang peradaban kuno ini. Masih perlu penelitian lebih jauh untuk bisa mengungkapkan misteri kebudayaan yang dulu pernah berjaya ini.

Sharing is caring!
  • 8
    Shares
  • 8
    Shares
To Top
error: Content is protected !!