Hukum

Polisi Benarkan Adanya SP3 Kasus Chat Mesum Habib Rizieq

SP3 Kasus Chat Mesum Habib Rizieq
Foto | AntaraNews

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Polisi akhirnya membenarkan telah mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) terhadap kasus dugaan chat mesum yang menjerat Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Penjelasan Polisi Terkait Chat Mesum Habib Rizieq

Karopenmas Polri Brijen Muhammad Iqbal menjelaskan, dihentikannya kasus yang menjerat Rizieq itu lantaran sebuah kewenangan penyidik.

Betul penyidik sudah hentikan kasus ini, bahwa ini semua kewenangan penyidik,” Brigadir Jenderal Polisi M. Iqbal saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (17/6/2018).

Alasan lainnya, kata Iqbal, penyidik hingga kini juga belum menemukan pengunggah kasus chat mesum yang diduga Habib Rizieq itu. Oleh karenanya, penyidikan tersebut dihentikan.

Karena ada permintaaan resmi dari pengacara untuk SP3, setelah itu dilakukan gelar perkara, maka kasus tersebut dihentikan karena menurut penyidik kasus tersebut belum ditemukan peng-upload-nya,” terangnya.

Meski begitu, Iqbal menegaskan bilamana kasus tersebut bisa saja dibuka kembali apabila penyidik sudah menemukan kembali bukti baru dalam kasus chat mesum tersebut.

Tapi, terhadap kasus ini dapat dibuka kembali bila ditemukan bukti baru,” tuturnya.

Sebelumnya, Rizieq Shihab ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus dugaan chat pornografi. Perkara ini tengah diusut oleh Polda Metro Jaya.

Kasus ini bermula dari beredarnya percakapan aplikasi pesan tertulis Whatsapp didugaa berisi chat mesum Habib Rizieq dan Firza Husein.

Sementara itu, Polda Jawa Barat sebelumnya juga telah menghentikan penyidikan kasus dugaan penodaan lambang negara yang menjerat Rizieq Shihab. Alasannya, karena kekurangan alat bukti, melansir Okezone.

Kasus Chat Mesum Habib Rizieq Shihab dan Firza Husein

Asal Mula Kasus Chat Mesum Habib Rizieq Shihab

Rizieq ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan chat mesum pada Mei 2017.

Polisi menetapkan Firza Husein sebagai tersangka kasus yang sama pada 15 Mei 2017.

Keduanya menjadi tersangka setelah chat antara diduga Rizieq dan Firza tersebar melalui situs baladacintarizieq.com. Keduanya membantah tuduhan skandal tersebut.

Kabar soal penghentian kasus chat Habib Rizieq ini sudah berembus pada awal Juni 2018.

Saat itu, polisi belum memberikan penjelasan secara terang-benderang mengenai dihentikan atau tidaknya kasus ini.

Kemarin (15/6), bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, Rizieq membuat video yang didalamnya berisi rasa syukur dan pengakuan mengenai kasus chat mesum Habib Rizieq yang dihentikan oleh Polda Metro Jaya.

Di hari yang fitri ini, kami juga ingin menyampaikan kabar baik, alhamdulillah ya rabbil alamin, hari ini kami mendapatkan surat asli SP3 kasus chat fitnah, surat asli SP3 kasus chat fitnah, surat asli SP3 kasus chat fitnah yang dikirim oleh pengacara kami, yaitu Bapak Sugito, yang beliau dapatkan SP3 ini dari penyidik,” kata Habib Rizieq dalam video tersebut.

Berita Populer

To Top