Bola

Inilah Hasil Prediksi Juara Piala Dunia 2018 Versi Machine Learning

Prediksi Juara Piala Dunia 2018
Foto: Sport Ilustrated

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Ada prediksi yang menarik dari penyelenggaraan perebutan Juala Piala Dunia 2018 kali ini. Prediksi yang biasanya dibuat oleh para ilmuwan sepak bola dan olahraga sekarang dibuat oleh mesin berbasis komputer, dan mereka membesut negara hasil pilihan sistem itu sebagai juara pagelaran sepakbola terbesar tahun ini.

Siapakah Juara Piala Dunia 2018?

Sekedar informasi sebelumnya, para ilmuwan olahraga dan pengamat sepak bola telah memprediksi tim Brasil sebagai juara dunia.

Negara Amerika Latin itu diprediksi akan memenangkan Piala Dunia dengan kemungkinan 16,6 persen.

Pada posisi kedua mereka yakin tim Jerman punya peluang 12,8 persen, kemudian Spanyol dengan peluang sebesar 12,5 persen.

Prediksi Juara Piala Dunia 2018 Versi Machine Learning

Juara Piala Dunia 2018 Versi Machine learning

Berbeda dengan prediksi manusia, setelah membuat 100.000 simulasi pertandingan Piala Dunia, sistem komputer ini menyimpulkan bahwa Jerman akan menjadi pemenang Piala Dunia 2018 kali ini.

Tapi, ada faktor menarik yang akan sangat mempengaruhi kemenangan Jerman. Apa saja itu?

Tim nasional Jerman diharuskan lolos ke perempat final untuk meningkatkan peluang menang. Jika tidak, Spanyol akan merebut peluang terbesar untuk menang.

Apa pun itu, prediksi ini tidak bisa dijadikan patokan. Tetapi akan sangat menarik jika prediksi komputer dapat diandalkan untuk berbagai acara lomba di masa yang akan datang.

Pencipta Machine Learning Juara piala dunia 2018

Prediksi melalui machine learning ini sebenarnya dilakukan oleh sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Andreas Groll dari Universitas Dortmund, Jerman.

Groll dan rekan-rekannya menciptakan sistem kecerdasan buatan menggunakan metode pembelajaran mesin untuk memprediksi siapa yang akan merebut Juara Piala Dunia 2018.

Seperti dilansir dari MIT Technology Review, Minggu (17/06/2018), Groll ternyata menggunakan teknik khusus dalam penggalian data yang disebut random-forest.

Teknik ini memungkinkan komputer untuk menganalisis big data dengan tingkat kesalahan yang lebih rendah daripada teknik mining data lainnya.

Groll juga menggunakan big data untuk menentukan pemenang Piala Dunia 2018.

Data terdiri dari data pemain, data kekuatan tim berdasarkan peringkat FIFA, bahkan hingga data populasi masing-masing negara yang bersaing di Piala Dunia dan PDB-nya. (detikcom/selidiki.com)

To Top