Good Food

Inilah 11 Makanan Pembunuh Sel Kanker Payudara Paling Ampuh

Makanan Pembunuh Sel Kanker Payudara

SELIDIKI.COM – Risiko kanker payudara pada wanita meningkat setiap tahun. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa pada tahun 2020, jumlah kasus kanker payudara akan meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Diperkirakan bahwa satu dari setiap delapan wanita akan terdampak penyakit ini di sisa hidup mereka. Ada beberapa alasan atau penyebab di balik kanker payudara. Namun, salah satu alasan utama ditemukan terkait dengan pilihan makanan.

Penyakit ini menyerang sel-sel sehat Anda. Kanker telah menjadi hampir tak terhindarkan akhir-akhir ini. Namun, pedoman diet dapat membantu Anda mencegah risiko kanker secara keseluruhan.

Seperti dilansir dari Boldsky, makanan berikut dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara atau bahkan bisa jadi makanan pembunuh sel kanker payudara yang paling ampuh:

1. Bawang putih

Bawang putih sangat baik untuk meningkatkan dan membakar sistem kekebalan tubuh. Senyawa sulfur dalam bawang putih bertindak sebagai pertahanan alami terhadap kanker.

Konsumsi bawang putih dapat membantu mengurangi risiko lambung, kolon, esofagus, pankreas dan kanker payudara.

Bawang putih juga merupakan sumber senyawa yang bisa hancurkan kanker yang disebut allium. Karena itu, bawang putih dan beberapa kerabatnya seperti bawang, daun bawang, bisa digunakan untuk mencegah beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara.

Bawang putih dan bawang digunakan di hampir semua masakan, terutama yang banyak digunakan dalam masakan India. Anda dapat menghancurkan atau menelan sepotong bawang putih setiap pagi dan itu semua yang diperlukan untuk menjalani kehidupan bebas kanker.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda Meski Memakai Lensa Kontak

2. Sayuran yang Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau gelap dianggap sebagai langkah yang baik untuk semua nutrisi terbaik yang dapat Anda berikan pada tubuh Anda untuk melawan sel kanker.

Beberapa sayuran hijau bergizi adalah bayam, kale, biji yang mengandung banyak serat, vitamin B, fitokimia, klorofil dan banyak lagi.

3. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan dan polifenol yang mencegah sel dari kerusakan. Kanker menyebabkan kekebalan sel melemah, jadi teh hijau bisa banyak membantu.

Selain itu, teh hijau adalah detoksifier hebat yang dapat mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh Anda.

4. Cabai

Cabai, dalam bentuk apa pun, mengandung phytochemical dan nutrisi yang dapat melawan kanker. Capsaicin adalah komponen aktif dalam cabe rawit yang dapat melawan laju pertumbuhan sel kanker.

Cabai hijau, khususnya, mengandung kaya klorofil yang dapat mengikat karsinogen penyebab kanker yang ditemukan di usus.

Sedangkan cabai merah mengandung capsaicin dan karotenoid antioksidan. Anda bisa menambahkannya ke sayuran atau salad, Anda bisa mencegah diri dari sel kanker yang memengaruhi Anda.

Baca juga: Cara agar tidak Dehidrasi Saat Berpuasa

5. Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan yang disebut kurkumin, yang bisa membantu perlambat pertumbuhan kanker dan sel kanker yang memadai tidak tumbuh lebih jauh. Di antara banyak manfaat kunyit, salah satu manfaat utamanya adalah pengendalian kanker.

6. Beras merah

Biji-bijian utuh seperti beras merah kaya serat, vitamin dan mineral penting. Anda dapat mengkonsumsi dalam bentuk apa pun yang Anda suka, tetapi itu benar-benar membantu Anda sebagai agen anti-kanker.

7. Tomat

Tomat banyak digunakan dalam berbagai masakan. Tomat mengandung antioksidan yang disebut lycopene, yang membantu melawan sel kanker.

Tomat adalah sumber vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E. Kehadiran Vitamin C membuat tomat jadi makanan penting untuk melawan kanker karena Vitamin C bisa mencegah kerusakan sel yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker.

8. Delima

Delima sangat dianjurkan oleh dokter untuk menjaga diri dari kanker payudara. Buah delima mengandung polifenol, yang memiliki sifat antioksidan dan dapat mencegah pertumbuhan kanker.

Buah ini juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa lainnya, dan sangat bagus untuk memasukkan buah ini ke dalam diet Anda.

Baca juga: Nafas Bau ‘Naga’ selama Berpuasa, Cegah dengan Cara Ini

9. Kacang

Kacang kaya akan asam folat, serat dan banyak nutrisi lain yang dapat membantu mencegah kanker, terutama kanker payudara.

10. Basil

Basil mengandung flavonoid yang disebut apigenin. Zat ini juga tersedia dalam beberapa buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah lainnya.

Apigenin adalah antioksidan, maka makanan yang mengandung flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Rekomendasi dosis belum tersedia. Namun, telah dibuktikan oleh penelitian pada 2010 bahwa apigenin dapat membantu melawan kanker payudara.

Baca juga: Kanker Payudara Bisa Menyebabkan Nyeri Di Bagian Punggung, Begini Solusinya

11. Minyak ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 ditemukan dalam minyak ikan cod, sarden, salmon, dan Ikan Herring.

Meskipun tidak ada spesifikasi dosis yang tersedia, penelitian telah membuktikan bahwa asam lemak omega-3 memiliki dampak langsung pada pengurangan risiko kanker payudara secara keseluruhan. Orang yang mengalami obesitas dan punya payudara padat maka rentan terhadap kanker payudara, maka perbanyaklah konsumsi minyak ikan untuk membunuh sel kanker itu.

Sharing is caring!
  • 4
    Shares
  • 4
    Shares
To Top
error: Content is protected !!