Inspirasi

Selidiki Sosok Ali Banat, Miliarder Muslim Australia yang Sumbang Harta Hingga Ajal Menjemputnya

Ali banat

SELIDIKI.COM, SYDNEY – Saat itu tahun 2015, ketika Ali Banat, miliarder asal Sydney, Australia didiagnosis menderita kanker. Ia lalu mendermakan seluruh kekayaannya untuk kebaikan.

Saat pertama kali didiagnosis kanker, Banat diberitahu bahwa ia hanya memiliki waktu tujuh bulan untuk hidup.

Proyek di Togo, Afrika

Ali Banat

Setelah mengetahui diagnosis kanker itu, Ali Banat segera menjual bisnisnya dan melakukan perjalanan ke Togo, Afrika, sebuah negara di mana sekitar 80 persen penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

Togo juga memiliki populasi muslim yang besar. Diperkirakan bahwa antara 12 dan 20 persen penduduk mengidentifikasikan diri sebagai pemeluk Islam.

Tergerak oleh pengalamannya, Banat memutuskan untuk menggunakan uangnya guna membangun masjid serta sekolah untuk anak-anak dan pemuda Togo.

Ia kemudian memperluas ruang lingkupnya dan mendirikan sebuah proyek, Muslim Around The World (MATW).

Baca juga: 5 Fakta Razan An-Najjar, Perawat Palestina yang Dibunuh Tentara Israel di Gaza

Proyek itu memiliki banyak rencana, yang semuanya diuraikan di halaman resmi GoFundMe, seperti; pembangunan desa baru yang diusulkan untuk menampung 200 janda, pusat medis mini, dan serangkaian bisnis yang ditujukan untuk memberdayakan masyarakat setempat.

Semua dana akan disebar pada proyek-proyek tersebut, yang semuanya dimaksudkan untuk menciptakan solusi berkelanjutan untuk mengentaskan kemiskinan.

Selama tiga tahun terakhir saja hampir 600.000 pound sterling (setara Rp 11 miliar) telah didonasikan, dan lebih banyak sumbangan kini tengah berlangsung untuk mengenang misi mulia Banat. [liputan6.com]

To Top