Kesehatan

Kamu Harus Tahu, Ternyata Kebiasaan Ini akan Membuat Wajahmu Terlihat Lebih Tua

Kebiasaan Ini akan Membuat Wajahmu Terlihat Lebih Tua

SELIDIKI.COM – Jika kamu tidak ingin terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya, kamu harus mulai berhenti minum alkohol dan berhenti merokok.

Penelitian terbaru menunjukkan minum alkohol dan merokok terlalu banyak berhubungan erat dengan tanda-tanda penuaan fisik.

Sementara, jika kamu hanya minum sedikit minuman beralkohol, maka tidak terkait dengan penampilan yang lebih tua.

“Ini adalah studi prospektif pertama yang menunjukkan bahwa alkohol dan merokok dikaitkan dengan perkembangan tanda-tanda yang berkaitan dengan usia dan dengan demikian terlihat lebih tua dari usia sebenarnya,” kata peneliti, seperti dikutip dari The New Indian Express.

Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology & Community Health, didasarkan pada survei terhadap lebih dari 11.500 orang dewasa di Denmark.

Baca juga: Inilah Manfaat Kurma, dari Kesehatan Jantung Hingga Seksualitas

Para peneliti, Janne Tolstrup dari University of Southern Denmark, mempertanyakan peserta tentang gaya hidup dan kesehatan umum mereka dan meminta mereka untuk menyatakan berapa banyak mereka minum alkohol dan merokok.

Mereka juga diperiksa untuk empat tanda penuaan yang sebelumnya terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular yaitu keriput di daun telinga, warna abu-abu keabu-abuan di sekitar kornea perifer mata (arcus corneae), plak kuning atau oranye pada kelopak mata (xanthelasmata) dan kebotakan pada pria kepala.

Usia rata-rata peserta adalah 51 tahun. Tetapi untuk wanita berkisar 21-86 tahun dan untuk pria 21-93 tahun.

Analisis pola minum dan merokok mengungkapkan meningkatnya risiko yang secara konsisten terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya seseorang dan mengembangkan arcus corneae, obat tetes telinga, dan plakat kuning-oranye pada kelopak mata di antara mereka yang merokok dan minum banyak alkohol.

Baca juga: Pamer Adegan Buka Baju, Begini Klarifikasi Pamela Safitri

“Ini mungkin mencerminkan bahwa minum alkohol dan merokok terlalu banyak akan meningkatkan penuaan lebih dini di dalam tubuh,” kata para peneliti.

Sementara kebotakan pria tidak secara konsisten dikaitkan dengan minum-minum atau merokok, itu mungkin karena sangat dipengaruhi oleh gen dan tingkat hormon laki-laki (androgen) yang dimilikinya, kata para peneliti.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!