Kesehatan

6 Tips Puasa untuk Ibu Hamil agar Sehat dan Bugar

Tips puasa ibu hamil

SELIDIKI.COM – Tidak ada larangan bagi wanita hamil untuk berpuasa selama kondisi Anda dan bayi dalam kandungan dinyatakan sehat menurut dokter.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil saat berpuasa, sehingga Anda merasa tubuh Anda tetap sehat dan bugar meski sedang berpuasa saat hamil.

Apakah aman puasa saat hamil?

Sebenarnya, aman atau tidak berpuasa selama kehamilan tergantung pada kesehatan dan bayi Anda. Selama kehamilan, bayi Anda membutuhkan banyak nutrisi.

Jika tubuh Anda memiliki pasokan energi dan nutrisi yang cukup, maka berpuasa selama kehamilan tidak mungkin berdampak besar pada kesehatan dan janin Anda.

Selain kesehatan, yang perlu diperhatikan jika Anda ingin berpuasa saat hamil adalah usia kehamilan dan lamanya puasa Anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Teheran, Iran, menunjukkan bahwa wanita hamil yang berpuasa pada trimester pertama memiliki risiko 1,5 kali lebih besar melahirkan bayi dengan berat lahir rendah.

Ini terjadi karena kurangnya asupan gizi pada janin. Karena trimester pertama kehamilan membutuhkan lebih banyak asupan kalori untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayi.

Ingat, hanya Anda yang bisa menilai seberapa sehat atau kuat Anda untuk berpuasa. Bicaralah dengan ahli di bidang ini atau dokter untuk membantu Anda mempertimbangkan pilihan terbaik untuk Anda.

Tips puasa bagi ibu hamil agar tetap segar dan bugar

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ibu hamil agar tetap sehat dan bugar saat berpuasa:

1. Hindari stres

Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang berpuasa selama Ramadhan memiliki kadar hormon kortisol (hormon stres) lebih tinggi daripada wanita hamil yang tidak berpuasa.

Oleh karena itu, tetaplah tenang sebanyak mungkin dan buat semuanya menjadi lebih mudah dan jangan ragu untuk menerima bantuan jika Anda memang membutuhkannya ketika ditawarkan.

2. Hindari melakukan pekerjaan berat

Kurangi pekerjaan rumah dan apa pun yang membuat Anda lelah. Selain itu, hindari berjalan pergi atau membawa sesuatu yang berat.

Jika Anda seorang pekerja kantor, mintalah pengurangan jam kerja atau tambah waktu istirahat Anda sehingga Anda tidak akan kelelahan.

3. Temukan tempat yang nyaman

Selama berpuasa, Anda rentan terhadap dehidrasi. Dehidrasi bisa berbahaya bagi wanita hamil. Karena itulah, usahakan selalu berada di ruangan yang sejuk untuk menghindari risiko tersebut.

4. Perhatikan asupan nutrisi

Pemilihan makanan saat buka dan sahur merupakan kunci penting ketika Anda memutuskan untuk berpuasa selama kehamilan.

Makan makanan bergizi yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, dan vitamin serta mineral yang baik untuk Anda dan janin. Alih-alih mengonsumsi makanan tinggi lemak, sebaaiknya pilih makanan yang lebih sehat seperti buah dan sayuran.

5. Batasi makanan manis

Hindari berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan dan minuman manis gula tinggi karena dapat menaikkan kadar gula darah Anda dengan cepat. Perubahan kadar gula darah terlalu cepat bisa membuat Anda merasa pusing dan pingsan.

6. Minum banyak air

Cobalah minum air sekitar 1,5-2 liter air di antara waktu istirahat sampai sahur. Juga hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi. Pasalnya, kafein justru akan memicu Anda dehidrasi, terutama jika cuaca panas.

Hal-hal yang harus diwaspadai ketika berpuasa selama kehamilan

Hubungi dokter Anda sesegera mungkin jika:

  • Mengalami dehidrasi. Kondisi ini umumnya ditandai dengan pusing, lemas, lesu, letih, lelah, mual, merasa sangat haus, urine berwarna kuning gelap dan bau menyengat.
  • Ada perubahan gerakan janin di dalam rahim, seolah-olah janin tidak seaktif biasanya.
  • Merasakan sakit di perut seperti kontraksi.
Sharing is caring!
  • 4
    Shares
  • 4
    Shares
To Top
error: Content is protected !!