Kesehatan

Nafas Bau ‘Naga’ selama Berpuasa, Cegah dengan Cara Ini

Cara Hilangkan Bau Mulut selama puasa

SELIDIKI.COM – Berpuasa sangat seru dan menyenangkan. Selain menjalankan kewajiban sebagai Muslim, puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, ada juga beberapa masalah yang membuat orang kurang percaya diri saat menjalani puasa.

Ya, bau mulut adalah salah satu faktor yang menyebabkan orang menjadi tidak percaya diri saat menjalani puasa. Khususnya bagi mereka yang masih melakukan aktivitas kerja normal seperti bertemu klien atau orang penting lainnya.

Namun sebenarnya Anda tidak perlu khawatir. Bau mulut adalah fenomena umum yang dialami oleh semua orang yang berpuasa. Meski tidak bisa dihilangkan 100 persen, tetapi Anda masih memiliki potensi untuk menguranginya.

Spesialis Nutrisi Klinis, Dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK, pun memberikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi bau mulut pada saat puasa.

Salah satu hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan adalah menghindari makanan tertentu.

Makanan yang mengandung banyak gas seperti ubi jalar, sawi dan kubis harus dihindari. Karena gas yang menumpuk di perut akan menciptakan bau tak sedap di dalam mulut. Hindari juga makan gorengan dan berminyak saat makan, pasalnya akan memudahkan pengosongan makanan perut yang menyebabkan asam lambung naik.

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Mencegah Kerusakan Gigi Anda, Apa Saja?

Tak hanya menjaga makanan, minum air yang cukup dalam air juga bisa mengurangi bau mulut saat berpuasa. Sikat gigi, berkumur dengan antiseptik mulut dan menggunakan penyegar mulut, bisa menjadi solusi alternatif lain.

“Anda dapat mengurangi bau mulut dengan memenuhi asupan makanan dan minuman yang cukup. Hindari mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung gas seperti ubi jalar, sawi dan kubis,” kata Dr Jovita, seperti dikutip Okezone, Minggu ( 13/05/2018).

“Jika Anda masih kurang percaya diri, Anda bisa menyikat gigi dan bilas setelah makan. Selain menggunakan penyegar mulut bisa menjadi cara lain untuk menghindari bau tidak sedap,” lanjutnya.

Sharing is caring!
  • 3
    Shares
  • 3
    Shares
To Top
error: Content is protected !!