Inspirasi

Inilah Mengapa Persahabatan Buffett, Munger, dan Bill Gates Berjalan Baik

Inilah Mengapa Persahabatan Buffett, Munger, dan Bill Gates Berjalan Baik

SELIDIKI.COM – Persahabatan dan bisnis jarang bisa berjalan dengan baik, tetapi itu tidak terjadi pada investor Warren Buffett, Charlie Munger dan Bill Gates.

Persahabatan dan hubungan bisnis mereka tetap kuat seiring berlalunya waktu. Ternyata, beginilah cara mereka melakukannya.

Menurut CNBC, itu semua bermuara pada pembelajaran berkelanjutan dari satu sama lain.

Sejauh mantan CEO Microsoft dan multi-miliarder Bill Gates prihatin, ia melihat ketua dan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett sebagai salah satu mentornya yang paling awal.

“Seluruh pendidikan bisnis saya dimulai pada hari saya bertemu Warren, dan tim Berkshire telah membantu mempertahankannya dengan kecepatan penuh,” jelasnya. Secara khusus, Gates menyebutkan bahwa dia mendapat ide investasi jangka panjang dari Buffett.

Menurut Oracle of Omaha menggaungkan sentimen yang mengelilingi diri Anda dengan orang-orang baik adalah cara yang baik untuk memperbaiki diri.

“Anda akan pergi ke arah orang-orang yang Anda asosiasikan, dan Anda akan mendapatkan ide dari mereka, Anda akan melihat bagaimana perilaku mereka bekerja, semua hal semacam itu,” tambahnya.

Seperti kata pepatah, “burung dengan bulu yang sama, berkumpul bersama,” tetapi wakil presiden Berkshire Hathaway Charlie Munger sedikit berbeda dari Buffett dan Gates.

Dua yang terakhir sebagian besar menjadi berita utama dengan setiap gerakan mereka, sementara yang pertama senang bekerja di belakang layar. Yang penting baginya adalah mereka tetap berpegang pada seperangkat prinsip dan nilai.

“Kami memiliki sekumpulan orang yang sangat mengagumkan dan kami memiliki lebih sedikit birokrasi daripada hampir semua orang, dan itu bukan prestasi kecil. Saya tidak dapat memikirkan satu perusahaan dengan ukuran kami yang memiliki lebih sedikit birokrasi daripada kami, ”kata Munger mengenai perkembangan perusahaan mereka tanpa komplikasi yang tidak perlu.

Sementara Munger memainkan sidekick untuk Buffett, keduanya mempertahankan kepribadian yang berbeda.

Warren Buffett (kiri) adalah salah satu mentor Bill Gates (kanan)

Warren Buffett (kiri) adalah salah satu mentor Bill Gates (kanan) (Photo by BorsheimsJewelry via Flickr)

Selidiki Sosok Buffett, Munger, dan Bill Gates

Buffett dikenal karena memberikan kekayaannya dalam beberapa tahun terakhir melalui sumbangan dan janji dalam organisasi dalam pendidikan, kesehatan dan pembangunan ekonomi, ancaman nuklir, anak-anak, dan layanan masyarakat.

Di dalam Filantropi mencatat bahwa Buffett dan Gates telah berjanji untuk memberikan semua kekayaan mereka melalui Giving Pledge dan mendorong sesama miliarder untuk melakukan hal yang sama.

Selain mendukung Gates Foundation, Buffett juga memberikan sumbangan yang cukup besar di yayasan yang dijalankan oleh keluarganya.

Di sisi lain, Gates selalu mempertaruhkan posisinya dalam peringkat orang-orang terkaya di seluruh dunia karena inisiatif filantropisnya.

Tahun lalu, Forbes melaporkan bahwa ia menyumbangkan $ 4,6 miliar untuk mendanai kampanye yang bertujuan untuk mengakhiri malaria melalui Bill & Melinda Gates Foundation.

Ini dianggap sebagai badan amal swasta terbesar di dunia, karena memberikan lebih dari $ 40 miliar dalam bentuk hibah ke berbagai organisasi di 100 negara.

Munger telah memperpanjang bantuan ke Perpustakaan Huntington, Koleksi Seni, dan Kebun Raya dengan sumbangan $ 38,5 juta. Dia juga menjanjikan sekitar $ 1,9 juta untuk Marlborough School di Los Angeles.

Menjaga hubungan yang prima adalah apa yang diyakininya kuat oleh Warren. Dia mengakui telah bertemu dengan istrinya, Susie, untuk salah satu tonggak terbesar dalam hidupnya, seperti CNBC melansir.

Dia mengklaim bahwa dia tidak akan sesukses hari ini tanpa bantuannya.

“Menikahlah dengan orang yang tepat. Saya serius tentang itu. Itu akan membuat lebih banyak perbedaan dalam hidup Anda. Ini akan mengubah aspirasi Anda, segala macam hal, ”tambahnya.

Di sisi lain, Munger percaya memanggil orang jahat membantu meningkatkan perusahaan. Mengingat gerakan #MeToo, ia mengkredit perubahan ke Harvey Weinstein.

Seperti yang dilaporkan oleh Business Insider, dia menjelaskan bahwa pengungkapan tentang Weinstein telah menyebabkan terbukanya serangkaian kisah mengerikan dari industri, dan entah bagaimana meningkatkan bagaimana perusahaan menghadapi situasi seperti itu dan membantu karyawan mengubah perilaku.

Ini akan menunjukkan bahwa Munger, Gates, dan Buffett, selain sebagai pakar bisnis yang cerdas dan investasi, juga miliarder dengan hati yang besar.

Mereka tahu nilai kerja keras dan saling menghormati pandangan dan pendapat masing-masing.

Dengan tetap berhubungan dengan kenyataan, mereka dapat mengubah dunia dengan memberikan sebagian dari kekayaan mereka satu donasi dalam satu waktu.

Luar biasa, mereka patut jadi tokoh pengusaha inspiratif untuk kita semua.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!