Kesehatan

Cara Merawat Kulit agar Lembut, Mulus, dan Cantik

Cara Merawat Kulit agar Lembut, Mulus, dan Cantik

SELIDIKI.COM – Kulit manusia memegang peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kulit manusia adalah organ manusia terbesar yang melapisi tubuh, dan bertindak sebagai indikator kesehatan secara keseluruhan.

Kulit manusia kehilangan setengah liter cairan setiap hari, sejalan dengan aktivitas sehari-hari. Penurunan cairan menyebabkan menjadi kulit kering, seperti dikutip dari Nutrition Review oleh Ronald Maughan, Phillip Watson, dan Susan M.

Melyawati Hermawan, SpKK dan dokter spesialis kesehatan, menjelaskan bahwa kulit kering dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif, mudah untuk mendapatkan gatal dan sakit, mudah untuk mendapatkan kesal, terlihat kusam, dan menyebabkan risiko menciptakan garis lembut atau penuaan dini.

“Beberapa pasien yang datang kepada saya mengeluhkan kulit kering karena alergi. Namun, penyebab gatal berasal dari kulit kering setelah saya memeriksa kulit pasien, ”katanya.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Kulit Berminyak

Kulit mengeluarkan sekitar 30.000-40.000 sel kulit mati dari permukaan kulit setiap menit. Kulit meregenerasi setiap 28 hari.

Kulit manusia membutuhkan kelembaban yang cukup untuk meregenerasi secara optimal. Tanda penuaan pertama sering muncul di kulit tangan. Kulit di punggung tangan lebih tipis dari kulit wajah, dan mudah kering.

Kelembaban alami kulit menghilang seiring dengan pengeringan air dari permukaan kulit.

dr. Melyawati mengatakan ada beberapa trik dan cara untuk mengatasi kulit kering, termasuk menghindari suhu panas dari sinar matahari atau mandi air panas, karena panas mempercepat penguapan air dari kulit.

Tips lain termasuk minum banyak cairan, dan menggunakan body lotion untuk memperbaiki kelembaban kulit agar tetap lembut, mulus, dan cantik.

Baca juga: Cara Bersihkan Kulit Berminyak dan Hilangkan Jerawat dengan Cuka

“Tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk membuatnya tetap terhidrasi selama kegiatan sehari-hari. Selain itu, kita juga membutuhkan bantuan body lotion untuk mengembalikan kelembapan kulit, ”katanya.

Selain itu, kulit yang terkena air akan kehilangan faktor pelembab alami.

“Oleh karena itu, kita perlu menggunakan kembali body lotion setiap kali kita mencuci kulit kita dengan air, seperti setelah mandi, mencuci tangan, atau setelah mengambil wudhu,” tambah Melyawati.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!