Politik

Kasus Habib Rizieq Dihentikan, Sepucuk Surat Ahok Tentang ‘Sahabat’ Viral Di Medsos

Kasus Habib Rizieq Dihentikan, Sepucuk Surat Ahok Tentang ‘Sahabat' Viral Di Medsos

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Di tengah situasi politik yang semakin panas menjelang pemilihan presiden 2019, surat dari mantan gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi viral di media sosial (medsos).

Surat tertanggal 4 Mei 2018, ditulis Ahok untuk para pendukungnya yang dikenal sebagai ‘Ahokers.’

Dalam suratnya, Ahok yang sekarang mendekam di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok karena kasus penodaan agama, meminta Ahokers untuk terus berjuang demi kebenaran, keadilan, dan kejujuran.

Mantan Bupati Belitung Timur juga menghimbau kepada para pendukungnya karena tidak menjadi golput dan masih memilih dia dan sahabatnya. Namun, Ahok tidak menyebutkan nama teman yang dimaksud.

“Benar Ahokers harus menjunjung kebenaran, kejujuran, dan keadilan. Tidak boleh Golput, tetap pilih Ahok dan sahabatnya. Salam BTP,” tulis sepucuk surat dari Ahok.

Adik Ahok, Fifi Lety Indra, ketika dikonfirmasi tentang surat itu, membenarkan kalau itu adalah tulisan tangan kakaknya.

Baca juga: Polda Jabar Stop Kasus Penodaan Pancasila Habib Rizieq

“Ya benar (surat Ahok),” kata Fifi kepada NNC, Sabtu (5/5/2018).

Fifi juga mengunggah surat Ahok di akun Instagramnya, untuk memastikan kepada beberapa pihak yang bertanya tentang kebenaran surat itu.

“Banyak yang WA (WhatsApp soal surat Ahok) makanya saya post aja,” kata kuasa hukum Ahok.

Yang menarik, surat Ahok itu ditulis bertepatan dengan dikeluarkannya Surat Keterangan (SP-3) Surat tentang kasus pencemaran nama baik lambang negara atau Pancasila dengan tersangka Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab oleh polisi, pada hari Jumat (4/5/2018).

Itu membuat surat Ahok ramai dibicarakan warganet (netizen) dan terkait dengan SP3 dalam kasus Habib Rizieq.

Banyak netizen yang menduga, kata ‘Sahabat’ berarti Ahok mengarah ke Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang kembali maju sebagai calon petahana dalam pemilihan presiden 2019.

Jadi surat itu didefinisikan oleh warganet sebagai imbauan dari Ahok untuk tetap memilih Jokowi di pilpres, karena Ahok memprediksi keputusan untuk menghentikan kasus Habib Rizieq berdampak pada kekecewaan pendukungnya kepada pemerintah Jokowi.

Berikut beberapa komentar netizen tentang surat Ahok.

“Mengenai isi surat Ahok per hari ini. Pertama, Ahok tulis surat ini bertepatan dgn proses perpolitikan nasional hari ini, sdh pst berkaitan dgn SP3 Rizieq Shihab,” tulis pemilik akun Twitter @takviri.

“Dua, tulisan SAHABAT digarisbawahi (YOU KNOW WHO). Tiga, sifat urgensinya tinggi. Ahok sdh memprediksikan ancaman golput Ahokers,” lanjut @takviri.

“Berarti yg golput ga sejati… hehe.. sedih liat BTP tp beliau tetap percaya dengan sahabatnya untuk NKRI dya berkorban.. salut.. GBU,” sahut @ Rei2Black_17.

“Dia adalah teman sejati, mau ngorbanin sendiri tidak hny unt org byk tp untuk sahabatnya, walaupun mungkin tahu temannya itu tidak mungkin melakukan hal yang sama untuknya,” tulis @ yayu_ndukayu.

“Apakah artinya btp kecewa sama jkw ????” kata @BasukiBae.

“Tetap percaya sama yg terbaik…percaya Ahok…percaya sahabatnya…#2019TetapJokowi,” kicau @ digarisdepa

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!