Pendidikan

Mahasiswa Unimal Ajarkan Masyarakat Cara Budidaya Sayuran Secara Vertikultur

SELIDIKI.COM, LHOKSUKON – Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) kelompok 23 Meunasah Tutong, kecamatan Lhoksukon melakukan budidaya tanaman secara vertikultur di halaman meunasah bersama masyarakat setempat, jum’at (04/05/2018).

Budidaya secara vertikultur memang sangat efesien jika dimanfaatkan untuk bercocok tanam secara organik, apalagi memanfaatkan lahan sempit seperti di wilayah perkotaan.

Budidaya vertikultur sangatlah mudah hanya dengan menggunakan kayu dan bambu seadanya seperti yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa KKN jurusan Agroekoteknologi kelompok 23 di desa Meunasah Tutong ini.

M. Maulana selaku ketua kelompok 23 menjelaskan, cara pembuatan  Teknik vertikultur bisa dilakukan berbagai macam media seperti pipa paralon, botol bekas, bambu, pot, dan juga wadah lainnya tergantung kreatifitas masing-masing.

“Kami di sini cuma melakukan budidaya tanaman sayuran organik seperti bayam, kangkung dan sawi tujuannya supaya kita hidup sehat dengan mengonsumsi sayuran dengan kualitas bagus tanpa tercampur dengan bahan kimia,” pungkasnya.

Baca juga:  Mahasiswa KKN Kelompok 31 Kreasikan Apotek Hidup Secara Vertikultur

Maulana berharap masyarakat nantinya mau menerapkan teknik vertikultur ini ke depannya, karena selain mudah dilakukan serta dapat mengoptimalkan lahan sempit.

Masyarakat juga nantinya dapat menciptakan pertanian organik yang baik bagi kesehatan, bahkan dapat menjadi sektor perekonomian jika dilakukan dalam skala besar dan dengan penuh ketekunan.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!