Sosial & Budaya

Tradisi “Kenduri Jrat” Masih Dilaksanakan Setiap Tahun Di Gampong Jeumpa Beureughang

SELIDIKI.COM, LHOKSUKON – Masyarakat gampong Jeumpa Beureughang Kecamatan Tanah Luas kembali mengadakan kegiatan Kenduri Jrat yang sudah menjadi adat dan tradisi masyarakat setiap menjelang bulan puasa, Selasa (01/04/2018).

Pelaksanaan “Kenduri Jrat” di Gampong Jeumpa Beureughang berlangsung selama setengah hari yang disi dengan kegiatan pemotongan kambing dan memasaknya bersama di Taman Pemakaman Umum (TPU) desa setempat.

Kegiatan ini juga didahului dengan gotong royong membersihkan kuburan, dilanjutkan dengan kegiatan doa bersama yang dipimpin oleh Teungku Malem dan terakhir adalah kegiatan kenduri (makan bersama).

Acara pemotongan kambing dan memasak bersama di TPU biasanya dilakukan oleh kaum lelaki.

Baca juga: Mahasiswa KKN Kelompok 25 Ajarkan Masyarakat Cara Sambung Pucuk dan Okulasi

Sementara kaum perempuan bertugas untuk membawa rantang berisi nasi yang telah dipersiapkan dari rumah untuk dimakan bersama dengan lauk kambing yang dimasak oleh kaum lelaki di TPU.

Sebelum tiba hari H, masyarakat setempat sudah jauh-jauh hari telah mempersiapkan segala kebutuhan yang akan digunakan untuk pelaksanaan kenduri termasuk iuran untuk membeli kambing.

Menurut informasi yang diperoleh oleh tim selidiki.com dari salah seorang warga setempat yang hadir dalam kegiatan “Kenduri Jrat” tersebut, dana yang digunakan untuk membeli kambing berasal dari iuran yang diberikan oleh warga yang punya keluarga dimakamkan di TPU tersebut sesuai dengan jumlah yang telah disepakati sebelumnya.

Baca juga: Mahasiswa KKN Unimal Ajarkan Anak-Anak Desa Mendesain Gambar via Komputer

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!