Sains

Inilah Perbedaan Cobra dan King Cobra yang Harus Anda Ketahui

Inilah Perbedaan Cobra dan King Cobra yang Harus Anda Ketahui

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Semua orang seharusnya sudah akrab dengan hewan tubuh panjang tanpa kaki ini. Beberapa orang bahkan merasa takut dengan binatang bersisik dan reptil, terutama ular kobra dan king cobra yang diklaim sebagai salah satu ular ganas di Indonesia.

Tetapi apakah Anda tahu bahwa cobra dan king cobra adalah jenis ular yang berbeda? Hal ini dikatakan oleh Dr dr Tri Maharani, MSi SpEM ke NNC, baru-baru ini di Jakarta.

“Cobra dan king cobra berbeda. Untuk cobra itu memakan tikus, ayam sampai katak dan mengembangkan tudung dan gigitan ketika terancam,” kata Penasihat Bite Ular dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sementara itu king kobra adalah ular kanibal, yang berarti memakan ular lain. King cobra juga bisa dipastikan berukuran besar, bahkan bisa mencapai 12 meter.

“King cobra adalah ular kanibal, memakan ular lain. Ia tidak memakan tikus, katak dan ayam. Ukurannya pasti besar,” kata ahli Racun dan Ular.

Baca juga: Foto Pria Berpose dengan Ular King Cobra ‘Raksasa’ ini Jadi Viral

Dr Tri menuturkan, kasus gigitan king cobra pada manusia sebenarnya bisa dicegah, namun karena king kobra umumnya digunakan dalam atraksi, akibatnya kematian ini salah penanganan di awal kejadian.

Pernyataan ini disampaikan oleh Dr Tri karena ada banyak data yang dikumpulkan tentang gigitan ular, dengan perkiraan 135.000 kasus per tahun dan tingkat kematian 5-10 persen.

Dari data, kata Dr Tri, yang dilaporkan sebagai hasil ditangani di banyak unit darurat adalah sekitar 15.000 kasus per tahun dan yang dikonsultasikan kepada RECSindonesia (konsultan online nirlaba untuk penanganan ular) sekitar 750 kasus per tahun.

Karena itu, Dr Tri mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan rumahnya agar tidak menjadi sarang tikus yang mampu mengundang ular, karena tikus adalah makanan mereka.

Bahkan, ular adalah hewan yang hanya hidup dengan naluri sendiri, mereka tidak hidup berkelompok seperti hewan lain.

Baca juga: Selidiki Sosok Hu Xiaoxia, Ratu Cobra Cina yang Hidup dengan 1.000 ular

Sharing is caring!
  • 4
    Shares
  • 4
    Shares
To Top
error: Content is protected !!