Good Food

Inilah Makanan Terbaik untuk Pasien Kanker

Inilah Makanan Terbaik untuk Pasien Sakit Kanker

SELIDIKI.COM – Kanker adalah salah satu penyebab kematian paling banyak di dunia dan juga di Indonesia. Pada 2012, kanker adalah salah satu penyebab kematian pada sekitar 8,2 juta orang.

Dengan penyakit ganas ini, penderita kanker tentu membutuhkan berbagai asupan energi tinggi untuk melawan sel kanker dan melalui berbagai prosedur medis. Namun ada kendala yang dihadapi oleh pasien kanker untuk mendapatkan energi melalui makanan, karena kehilangan nafsu makan, perubahan rasa, mual, mulut kering, nyeri, sembelit, dan cepat merasa kenyang.

Ahli Nutrisi Klinis Dr. Fiastuti Witjaksono MSc MS SpGK mengatakan, makanan padat kalori yang kaya protein dan rendah karbohidrat adalah makanan terbaik untuk pasien kanker.

Lebih lanjut ia mengatakan, asupan ini baik untuk pasien kanker karena metabolisme terganggu, sedangkan pasien kanker membutuhkan nutrisi tinggi untuk kuat melalui berbagai proses perawatan.

Baca juga: Inilah 4 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kanker Nasofaring

“Orang sehat biasanya mampu mengubah lemak menjadi sumber energi, sedangkan pasien kanker tidak mampu melakukannya. Kombinasinya biasanya akan membutuhkan energi yang didapat dari glukosa dalam tubuh dan rentan kekurangan gizi,” katanya.

Lebih lanjut, Dr. Fiastuti mengatakan, protein tinggi dapat diperoleh dari konsumsi omega 3, misalnya dalam minyak ikan berenergi tinggi. Juga dibutuhkan berbagai vitamin dan mineral.

“Jadi orang dengan kanker beresiko kekurangan gizi, jadi jangan menunggu tubuh habis karena pasien kanker membutuhkan nutrisi spesifik yang berbeda dari orang normal,” kata DR Fiastuti.

Tidak hanya untuk energi bagi pasien, makanan bergizi ini juga memiliki banyak efek positif bagi pasien kanker. Misalnya, dapat mempercepat penyembuhan luka, mengurangi lama rawat inap, menurunkan tingkat kekambuhan dan kualitas hidup yang lebih baik.

Baca juga: Makanan Kaya Serat Ternyata Bisa Kurangi Diabetes

Tidak hanya itu, nutrisi yang cukup juga mampu membuat kanker dapat bertahan lebih lama dan akan mempercepat proses penyembuhan.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!