Aceh

Mahasiswa KKN Kelompok 25 Ajarkan Masyarakat Cara Sambung Pucuk dan Okulasi

SELIDIKI.COM, LHOKSUKON- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh angkatan XXIII kelompok 25 di desa Meunasah Geumata Kecamatan Lhoksukon melakukan praktek cara sambung pucuk pada tanaman nangka serta okulasi pada tanaman kakao, Senin (30/04/2018).

Sambung pucuk dan okulasi dilakukan di posko KKN kelompok 25 dengan dihadiri masyarakat setempat yang antusias dan penasarannya masyarakat dalam melakukan penyambungan serta okulasi untuk menyatukan 2 tanaman menjadi satu.

Masyarakat yang datang pun mencoba bagaimana cara penyambungan yang baik dan benar untuk mendapatkan varietas yang baik, unggul, dan tahan terhadap organisme pengganggu tanaman (OPT).

Salah satu mahasiswa KKN kelompok 25 fakultas pertanian jurusan agroekoteknologi Marbawi menjelaskan, proses sambung pucuk dan okulasi bukanlah hal baru di masyarakat tapi ini sering kita temui di tempat penjualan bibit, banyak masyarakat yang kurang paham cara sambung yang baik dan benar.

“Tujuan saya mempraktekkan cara penyambungan dan okulasi ini, supaya masyarakat bisa melakukan sendiri tanpa perlu membeli lagi bibit yang harganya mahal dan belum pasti kualitasnya unggul”, ujarnya.

Menurut Marbawi, sebenarnya mudah sekali melakukan perbanyakan dengan menggunakan metode sambung dan okulasi, modalnya sangat murah, dan hasil yang didapatkan juga sangat bagus.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!