Good Food

Daun Kelor Ternyata Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat Daun Kelor

SELIDIKI.COM – Kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol endogen atau kolesterol yang diproduksi oleh tubuh kita sendiri.

Kolesterol eksogen adalah kolesterol yang berasal dari luar tubuh atau sering disebut kolesterol jahat dalam bahasa medis yang dikenal sebagai Low Density Lipoprotein (LDL).

Kolesterol endogen atau yang disebut kolesterol baik (High Density Lipoprotein-HDL), kebanyakan dihasilkan oleh sel-sel hati akan dilepaskan bersama empedu dan akan diserap kembali dalam usus. Hal itu diungkapkan oleh praktisi jamu, Dr. Prapti Utami, MSi, Minggu (29/4/2018).

Jika konsentrasi kolesterol dalam empedu terlalu tinggi, kolesterol dapat mengkristal dan membentuk batu-batu empedu.

Jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, maka dapat melampirkan beberapa kolesterol ke bagian dalam dinding pembuluh darah yang menyebabkan pengerasan arteri dan menghambat kelancaran aliran darah.

Baca juga: Ternyata Minyak Kelapa Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Jantung, Begini Caranya

Sementara kolesterol endogen, dikenal sebagai kolesterol jahat ketika kadar terlalu tinggi dalam darah akan menyebabkan plak di dinding dalam pembuluh darah sehingga akan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner atau stroke di kemudian hari.

“Tingkat kolesterol dalam darah ini harus selalu rendah untuk menghindari risiko bahaya terhadap kesehatan.

Sedangkan kolesterol baik dalam bahasa medis yang dikenal sebagai HDL atau High Density Lipoprotein, berfungsi untuk mengangkut kolesterol yang tidak lagi diperlukan oleh tubuh kembali ke hati dan kemudian dikeluarkan dari tubuh, ”jelas Dr. Prapti.

Selain itu, HDL juga berfungsi melepaskan beberapa LDL yang menempel pada dinding arteri – sehingga memudahkan aliran darah.

Level HDL harus selalu dijaga tinggi. Karena fungsi HDL membantu kelancaran aliran darah.

Menurut Dr Prapti, faktor risiko kolesterol tinggi adalah merokok, kurangnya aktivitas fisik, obesitas, makan makanan yang tidak sehat, konsumsi alkohol.

Untuk mengurangi kadar kolesterol jahat, Dr Prapti menyarankan untuk mengonsumsi daun kelor. Caranya, daun kelor dijadikan menu sayur sebanyak satu gengam dan rutin dikonsumsi setiap hari.

“Dalam sayuran bening setiap sore dengan ukuran segenggam,” katanya.

Baca juga: Tips Cara Menjaga Vagina Anda Sehat dan Bersih — Selamat Tinggal Bau Busuk!

Yang perlu diperhatikan, daun kelor diketahui kaya akan vitamin A dan C. Daun kelor juga mengandung kalsium yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta membantu mencegah osteoporosis.

Daun kelor kaya akan vitamin. Pakar makanan dari Universitas Sahid Jakarta, Prof dr Hardinsyah, MS menyebut ada vitamin A dan C di dalamnya.

“Vitamin A baik untuk kekebalan, Vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh juga baik untuk kulit,” katanya.

Daun kelor juga mengandung potasium dan kalium yang keduanya sangat baik untuk kesehatan tekanan darah seseorang. Kalium untuk menjaga tekanan darah dalam kondisi normal, dan potassium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!