Health & Fitness

Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda Meski Memakai Lensa Kontak

Menjaga Kesehatan Mata Anda Meski Memakai Lensa Kontak

SELIDIKI.COM – Lensa kontak adalah alat bantu medis yang langsung melekat pada kornea mata, yang dalam penggunaannya tidak luput dari efek samping.

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Tri Rahayu, SpM, FIACLE, dokter mata dan Rekan dari Asosiasi Pendidik Kontak Lensa Internasional, efek samping penggunaan lensa kontak adalah kekurangan oksigen karena lensa kontak menghalangi masuknya oksigen ke kornea.

Kekurangan oksigen di mata yang terjadi terus menerus akan menyebabkan perubahan bentuk, fungsi dan daya tahan kornea sehingga mata akan menyebabkan infeksi.

Infeksi kornea mata dapat meninggalkan jaringan parut permanen yang mengakibatkan kebutaan. Bahkan infeksi dapat berlanjut ke bola mata sehingga bola mata harus dikeluarkan untuk menghilangkan kuman infeksi.

Namun, penggunaan lensa kontak aman jika seseorang mengikuti persyaratan yang direkomendasikan oleh dokter mata.

Berikut ini tips untuk menjaga kesehatan mata Anda meski memakai lensa kontak:

1. Memeriksa mata Anda ke dokter mata untuk memastikan apakah matanya kompatibel dengan lensa kontak atau tidak.

Dari pemeriksaan, akan diketahui keadaan mata, air mata, dan penglihatan Anda.

Setelah itu, dokter akan memberikan saran untuk pemilihan lensa kontak yang cocok untuk mata seseorang, karena tidak semua kondisi mata bisa leluasa menggunakan lensa kontak.

2. Pemeriksaan ulang rutin setiap enam bulan ke dokter mata.

Jika sebelum enam bulan seseorang memakai lensa kontak menemukan keluhan dengan lensa kontak, seperti mata gatal, merah atau bengkak maka harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk segera ditangani. Sebelum datang ke dokter, segera lepaskan lensa kontak.

3. Kenakan lensa kontak sesuai saran dokter, setidaknya sesuai dengan petunjuk pemakaian lensa kontak. Misalnya, penggunaan lensa kontak selama sebulan maka sebaiknya Anda tidak memakai lensa kontak lebih dari sebulan.

Tidak disarankan untuk menggunakan lensa kontak saat tidur, tidak sembarangan mencampur cairan pada lensa kontak dan tidak memakai lensa kontak saat mata kering.

Baca juga: 4 Cara Mudah Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata Anda

4. Tidak menggunakan lensa kontak lebih dari 12 jam. Berapa jam pemakaian lensa kontak sebenarnya tergantung pada keadaan mata dan kemudian dari bahan lensa kontak. Namun, lensa kontak biasanya memiliki kekuatan interoksigen terbesar yang dapat digunakan hingga 12 jam dan harus terlebih dahulu dikonsultasikan dengan dokter mata.

5. Selalu menjaga lensa kontak tetap bersih. Jangan memakai atau mengambil lensa kontak menggunakan tangan yang kotor.

Prinsipnya setiap lensa kontak terbuka harus dicuci, dibersihkan, dibilas, baru disimpan. Jika pagi berikutnya akan digunakan, itu harus dibilas lagi, kemudian digunakan saja.

Penyimpanan harus dalam cairan yang sesuai dan khusus. Tentu saja tempat lensa kontak harus tetap bersih, dimana cairan juga harus dijaga bersih untuk menghindari kontaminasi oleh kuman.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!