Kesehatan

Tips Cara Menjaga Vagina Anda Sehat dan Bersih — Selamat Tinggal Bau Busuk!

Cara Menjaga Vagina Anda Sehat dan Bersih

SELIDIKI.COM – Bau vagina adalah masalah kesehatan yang sangat umum yang hampir setiap wanita di dunia harus berurusan dengan setidaknya 1-2 kali sepanjang hidup mereka.

Masalah ini bisa disebabkan oleh banyak alasan yang berbeda, termasuk pertumbuhan bakteri yang berlebihan, perubahan hormonal, kebersihan yang buruk, infeksi ragi, dan STD.

Tidak peduli apa alasannya, bau tak sedap dapat menyebabkan wanita malu.

Ada untungnya beberapa pengobatan rumah dan tips alami tentang cara menghilangkan bau tak sedap untuk membantu wanita menghentikan masalah memalukan ini dengan cepat dan aman. Meskipun bau vagina bisa memalukan, setiap vagina sebenarnya memiliki bau yang unik.

Apa itu bau normal?

Meskipun tidak ada dua vagina yang memiliki bau yang sama, kebanyakan vagina mengeluarkan bau asam. Itu karena vagina Anda sedikit asam – dan itu seharusnya.

Keasaman ini membuat infeksi dan gangguan lainnya di selangkangan. Anda juga mungkin mendeteksi semacam bau apak yang disebabkan oleh keringat, tetapi juga benar-benar normal.

Baca juga: Bongkar “Pajoh Apam” PSK Online Jilid 2 di Aceh, Polisi Amankan Germo dan 7 Wanita

Apa itu ‘bau tidak normal’?

Dua bau yang harus Anda perhatikan adalah bau ikan dan bau sesuatu yang busuk.

Bau amis sering merupakan tanda infeksi bakteri, seperti vaginosis bakteri, dan bau busuk atau seperti sampah dapat menjadi tanda bahwa ada sesuatu di sana yang tidak seharusnya, seperti tampon atau sepotong tampon.

Jika Anda mencium sesuatu seperti ini, atau bau lain yang kuat, pergilah ke dokter dan periksa segera.

Jadi bagaimana saya bisa menjaga vagina saya ‘bahagia dan sehat’?

1. Jaga Diri Anda agar Selalu Bersih

Kebersihan selalu merupakan cara terbaik untuk melawan bau. Tetapi pastikan untuk menghindari menggunakan sabun, karena mungkin membuang keasaman pada diri Anda. Menggunakan air hangat untuk membersihkan area tersebut tanpa sabun adalah cara terbaik untuk menjaga vagina Anda bersih dan sehat.

Baca juga: Fakta-fakta Dukun Gondrong Cabuli Wanita Cantik yang Galau di Sukabumi

2. Waspadai Produk Beraroma

Untuk menghilangkan bau tak sedap, wanita sering menggunakan parfum dan sabun beraroma untuk ‘mengatasi’ bau. Waspadalah terhadap produk ini. Bahan-bahannya dapat mengiritasi kulit sensitif vulva Anda, serta selaput lendir di dalamnya.

3. Biarkan Diri Anda Terhidrasi

Air yang cukup membuat seluruh tubuh Anda berjalan dengan lancar, termasuk vagina.

Vagina Anda secara alami lembab, dan air menjaga area lembab dan terlumasi. Kekeringan dapat menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan, dan juga bisa membuat seks menjadi menyakitkan. Jadi tetap terhidrasi agar tidak hanya membuat diri Anda berbau segar, tetapi juga nyaman.

4. Yogurt adalah temanmu

Yogurt tidak hanya makanan penutup yang lezat, tetapi yogurt juga mengandung probiotik yang tidak hanya menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat — tapi juga bisa untuk vagina Anda!

Bakteri ini bertindak seperti penjaga gawang untuk tubuh Anda dan menjaga pH seimbang. Selain itu, mereka membantu mencegah infeksi saluran kemih, infeksi ragi, dan vaginosis.

Kalsium dalam yogurt juga merupakan bonus besar, dan bahkan dapat meredakan gejala PMS.

Baca juga: Seorang Tentara AS Sukses Jalani Transplantasi Penis Pertama di Dunia

5. Makan Buah-Buahan Segar

Beberapa orang juga mengklaim bahwa buah-buahan tertentu akan mengubah bau vagina mereka, tetapi karena tubuh setiap orang berbeda, hasilnya akan bervariasi.

Buah-buahan terkenal mampu membuat vagina segar dan sehat adalah apel, nanas, mangga, blueberry, semangka, stroberi, buah jeruk, dan cranberry.

6. Konsultasi pada dokter

Jika ada sesuatu yang berbau dan terasa lepas, pastikan untuk memberi tahu dokter Anda. Pemeriksaan rutin juga akan menjaga kesehatan vagina Anda diperbarui.

Sharing is caring!
  • 4
    Shares
  • 4
    Shares
To Top
error: Content is protected !!