DigiLife

Video Palsu Mark Zuckerberg Umumkan Hapus Facebook Jadi Viral, Ditonton 34 Juta Kali

Video Palsu Mark Zuckerberg hapus Facebook viral

SELIDIKI.COM – Video palsu yang berisi ajakan dari CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk menghapus Facebook telah ditonton 34 juta kali.

Adrew Oleck bertahun-tahun yang lalu, bertanya-tanya apakah dia bisa membuat video yang viral. Pembesut film Los Angeles itupun membuat video.

Pada tanggal 1 April, Oleck merilis video satir tiga menit yang berisi Mark Zuckerberg yang menyebut dirinya memutuskan untuk menghapus Facebook.

Video berjudul “Dunia Tanpa Facebook” adalah video palsu Mark Zuckerberg yang menjelaskan bagaimana kabar kebohongan membantunya memutuskan untuk menghapus Facebook sepenuhnya.

Seperti dikutip dari Gizmodo UK, Minggu (22/4/2018), beberapa orang percaya bahwa video itu asli. Meskipun tampak jelas ada beberapa gerakan canggung dari Zuckerberg.

Baca juga: Benarkah Kabar Facebook akan Diblokir 24 April Ini?

Misalnya, bibir Zuckerberg terlihat terlalu besar dan bergerak dengan canggung. Pembuat video tampaknya menggunakan aplikasi untuk menggabungkan bibir bergerak dengan wajah Zuck.

Tidak hanya itu, Mark Zuckerberg terdengar berbeda dan tidak natural, ternyata suaranya tidak lain adalah suara Oleck.

Kritik Untuk Mark Zuckerberg

“Saya ingin membuat video yang dapat ditonton dan dipahami orang, sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Pada kenyataannya, mungkin sangat keren jika Facebook tidak terkendali dan dia harus menghapusnya,” kata Oleck kritis di Facebook.

Video ini tidak tiba-tiba terkenal, buktinya ada di hari-hari pertama, video palsu Zuck hanya ditonton 100 ribu kali.

Penonton pada video ini meningkat tajam ketika suami Priscilla Chan memberi kesaksian di depan Kongres AS atas penyalahgunaan data pengguna Facebook pada 10 dan 11 April.

Selain menonton lebih dari 34 juta kali, video itu dikomentari menjadi 60 ribu komentar. Sebagian percaya bahwa pria 33 tahun itu akan menghapus Facebook.

“Saya hanya ingin semua orang menonton video satir ini. Ketika video ini muncul, banyak orang percaya bahwa video ini benar-benar nyata adalah pernyataan Zuckerberg,” katanya.

Baca juga: Gara-gara Skandal Cambridge Analytica, Mozilla Tinggalkan Facebook

Data Zuck Ikut Disalahgunakan

Seperti dikutip Selidiki.com dari Reuters, Kamis (12/4/2018), Zuck menyebutkan bahwa ia termasuk dalam 87 juta pengguna Facebook yang data pribadinya disalahgunakan oleh konsultan politik Cambridge Analytica.

Sayangnya, bos platform Instagram dan WhatsApp tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang data yang disalahgunakan.

Pria berusia 33 tahun itu mengakui perusahaannya gagal melindungi datanya sendiri.

Ini menunjukkan bahwa Facebook mungkin kesulitan mendapatkan anggota Kongres AS untuk percaya bahwa pengguna dapat dengan mudah melindungi informasi pribadi mereka di Facebook.

Masalah penyalahgunaan data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica adalah alasan Zuckerberg dipanggil untuk memberikan penjelasan di Capitol Hill.

Baca juga: Pendiri WhatsApp Ajak Warganet Hapus Facebook

Di sana, Zuck ditanyai tentang bagaimana perusahaan mendapatkan data dan membaginya dengan pihak ketiga.

“Bagaimana cara pengguna mengontrol data mereka jika Facebook tidak memiliki kendali atas data?” kata Perwakilan Frank Pallone dari New Jersey.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!