DigiLife

Cara Membuat Kata Sandi yang Aman menurut Penciptanya

Cara Membuat Kata Sandi yang Aman menurut Penciptanya

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Banyak kegiatan sehari-hari yang menggunakan internet melalui ponsel dan komputer atau laptop mengharuskan pengguna untuk menetapkan nama login atau id dan kata sandi.

Sandi adalah kumpulan karakter atau kata-kata rahasia yang berfungsi untuk memverifikasi identitas pengguna. Kata kunci sudah pasti menjadi bagian yang akrab bagi pengguna internet.

Sandi, di layanan web atau perlu dibuat dengan kombinasi huruf besar dan huruf kecil, angka, hingga menambahkan karakter khusus.

Ide kata sandi berasal dari seorang pria bernama Bill Burr, mantan manajer di sebuah lembaga yang disebut National Institute of Standards and Technology (NIST).

Melalui posting yang ada di jurnal agensi, ia menjelaskan tentang cara membuat kata sandi yang aman dengan ketentuan seperti yang disebutkan di atas.

Baca juga: 4 Tips Cara Orangtua Kenalkan Teknologi Digital pada Anak

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Wall Street Journal, Burr mengakui bahwa penelitiannya tentang kata sandi yang aman tidak akurat. Bahkan, diketahui juga apakah ia ahli keamanan atau tidak.

Setelah mengetahui fakta di atas, lalu bagaimana cara membuat kata sandi yang aman?

Cara Membuat Sandi yang aman

Seperti dikutip dari Gizmodo, Burr menjelaskan bahwa bahkan kata sandi singkat menggunakan kombinasi huruf (besar), angka, dan karakter khusus akan jauh lebih mudah ditebak dengan menggunakan metode matematika sederhana.

Dibandingkan dengan menggunakan beberapa kata sederhana yang membentuk frasa dalam kata sandi teknik-meloloskan pada komputer.

Bahkan dalam sebuah ilustrasi, terlihat bahwa kata sandi pendek dengan kombinasi karakter khusus dapat diselesaikan dalam waktu 3 hari.

Sementara kombinasi dari 4 kata panjang diperkirakan membutuhkan waktu 550 tahun untuk ditebak.

Oleh karena itu, lembaga NIST saat ini membuat rekomendasi baru untuk membuat kata sandi yang aman, dengan menggunakan beberapa kata panjang dan membentuk frasa.

Baca juga: Cara Percepat Performa Ponsel Android dengan Mudah

Selain lebih aman, tentu saja, kata sandi akan lebih mudah diingat daripada menggunakan kata sandi dengan kombinasi karakter yang memusingkan.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!