Health & Fitness

Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur yang Terbukti Efektif, Pakai Resep Ini Saja

Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur yang Terbukti Efektif, Pakai Resep Ini Saja

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Mengorok atau mendengkur bukanlah masalah serius jika itu hanya terjadi sesekali ketika kita lelah. Namun, mendengkur biasanya dikaitkan dengan Obstructive Sleep Apnea (OSA). OSA adalah jenis gangguan tidur yang mempengaruhi pernapasan.

Penderita OSA sendiri akan sering mengalami henti nafas yang berulang secara berulang saat tidur. Setiap istirahat nafas berlangsung selama lebih dari 10 detik dan menghasilkan penurunan pasokan oksigen. OSA menjadi serius ketika terjadi lebih dari lima kali per satu jam tidur.

Herbalist Etty Bachetta mengatakan 45 persen orang dewasa biasanya mendengkur ketika mereka tidur. Orang yang rentan menderita OSA pada umumnya adalah pria berusia di atas 45 tahun atau wanita yang mengalami menopause.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari OSA, seperti mengatur posisi tidur yang nyaman, tidur dalam posisi miring ke kanan, hindari tidur terlalu malam, minum banyak air, dan lakukan latihan pernapasan seperti taichi.

Baca juga: Manfaat Positif dari Garam untuk Kesehatan

Selain perawatan medis, menurut Etty, mendengkur juga bisa diobati dengan cara alami, yaitu dengan mengonsumsi kunyit.

Jenis rempah-rempah dengan nama Latin Cucurma domestica val ini mengandung banyak minyak esensial dan kurkuminoid.

Warna kuning yang mendominasi kunyit berasal dari kurkumin, sedangkan rimpang kunyit mengandung protein, kalsium dan fosfor.

Untuk mengobati OSA atau dengkur atau ngorok saat tidur, pasien dapat mengkonsumsi obat tradisional, kunyit dicampur dengan madu. Kombinasi ramuan ini harus diminum tiga kali sehari secara teratur selama satu bulan penuh.

Baca juga: Ternyata Penyakit Diabetes Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Penderitanya

Kunyit dapat membantu pernapasan halus dan merilekskan tubuh. Ia juga memiliki kandungan antiseptik yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel yang rusak atau mati sehingga lebih mudah untuk menyembuhkan dan memproses peradangan dan infeksi luka.

Tidak hanya berfungsi untuk mengobati pasien mendengkur, kunyit juga bermanfaat bagi penderita diabetes mellitus, tifoid, usus buntu, disentri, keputihan, menstruasi, amandel, dan mampu mencegah leukemia, menghancurkan racun dan bahan kimia berbahaya dalam tubuh, dan untuk membantu turunkan berat badan juga .

Resep Madu Kunyit (Untuk 1 porsi)

Bahan:

2 potong kunyit, kupas kulitnya

2 sendok makan madu murni

Bagaimana membuat:

1. Parutlah kunyit, peras airnya hingga dua sendok makan

2. Campurkan jus kunyit dengan dua sendok makan madu

3. Minum ramuan tiga kali sehari selama sebulan secara teratur

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!