Aceh

Ratusan Ormas Demo Kantor Gubernur Aceh Tolak Pergub Cambuk di Penjara

Ormas Demo Kantor Gubernur Aceh Hukuman Cambuk Apam Online

SELIDIKI.COM, BANDA ACEH – Ratusan massa yang tergabung dalam berbagai organisasi masyarakat dan mahasiswa dari seluruh Aceh menggelar aksi demo di halaman gedung kantor gubernur Aceh, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Kamis (29/4/2018).

Massa yang didominasi dari laskar Front Pembela Islam (FPI) di Aceh menggelar aksi demo sebagai bentuk penolakan terhadap penerapan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 5 tahun 2018 tentang Pelaksanaan Hukuman Acara Jinayat yang dilaksanakan di lembaga permasyarakatan, atau rumah tahanan negara, atau cabang rumah tahanan negara wilayah Aceh.

Massa menghadiri kantor Gubernur Aceh itu menggunakan kendaraan truk, pikap, dan sepeda motor. Massa dari FPI mengenakan pakaian serba putih lengkap dengan atribut mereka.

Sedangkan mahasiswa yang hadir mengenakan almamater kebanggan kampus masing-masing. Tak hanya laki-laki, mahasiswa demo juga dihadiri perempuan yang mengenakan pakaian hitam dan putih lengkap dengan cadar.

Baca juga: Selidiki Pro Kontra Pelaksanaan Hukuman Cambuk di Dalam Lapas

Dalam aksi demo, massa turut juga membawa spanduk yang bertuliskan “Kami Tak Tahu Hukum HAM, yang Kami Tahu Syariat Islam Harga Mati.”

Selain itu, mereka juga menjenjeng spanduk peringatan kepada Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf yang bertuliskan “Gubernur Aceh Jangan Jadi Agen Kafir.”

Melalui dari atas truk yang terparkir di halaman kantor gubernur Aceh, para massa yang hadir berorasi bergantian tentang penolakan tehadap Pergub yang mengantur tentang eksekusi cambuk dalam Lapas tersebut.

Setelah berorasi, massa juga berzikir dan berdoa yang dipimpin Ketua FPI Aceh Muslem At-Tahiri.

Baca juga: Inilah Alasan Penegak Hukum Aceh Tidak Mencambuk Penjaja Apam Online

“Kita minta sama Allah (SWT) agar gubernur Aceh, Bapak Irwandi agar mencabut Pergub nomor 5 (tahun 2018),” kata Muslem saat berorasi.

Massa yang hadir meminta gubernur Aceh untuk menjumpai pendemo. Namun hingga berita ini diturunkan, Irwandi Yusuf belum menjumpai massa dan memberi keterangan. (wal/okezone)

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!