Health & Fitness

Manfaat Positif dari Garam untuk Kesehatan

SELIDIKI.COM – Garam adalah senyawa ionik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Garam mengandung ion positif dan negatif yang membuatnya netral.

Dalam istilah kimia, garam disebut NaCl (natrium klorida), dan terbentuk dari reaksi asam

Secara umum, orang akrab dengan garam sebagai penyedap makanan. Bahkan, di balik rasa asin garam, garam mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan kita.

Mungkin tidak semua orang tahu banyak manfaat yang berasal dari garam.

Baca juga :  Kesehatan Gigi yang Buruk Berisiko Terkena Diabetes

Meskipun garam dapat memiliki efek negatif jika dikonsumsi terlalu banyak, tubuh manusia membutuhkan garam. Karena itu, garam bermanfaat bagi kesehatan.

Apa manfaat garam bagi kesehatan?

1. Mempercepat Metabolisme Dalam Tubuh

Garam untuk manfaat kesehatan ini dapat membantu mempercepat metabolisme. Metabolisme yang baik, akan meningkatkan fungsi sistem di dalam tubuh.

2. Meredakan Bronkitis dan Masalah Pernapasan Lainnya

Garam berguna untuk menyerap ion berbahaya di udara yang Anda hirup dan membantu melawan ion berbahaya agar tidak terserap ke dalam tubuh. Karena itu, tidak jarang garam bisa meredakan asma, bronkitis, dan masalah sistem pernafasan lainnya.

Baca juga:  Cegah Diabetes dengan Banyak Aktivitas Fisik atau Olahraga

3. Buat Tubuh Anda Merasa Santai

Kristal garam dapat membantu membuat tubuh Anda merasa rileks. Tuangkan garam kristal ke dalam bak mandi dan rendam seluruh tubuh Anda di dalamnya. Garam-garam di dalam air akan melunakkan otot-otot yang tegang atau kaku.

4. Mencegah Hyponatremia

Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana tubuh menderita kekurangan garam dalam sel cair di tubuhnya. Biasanya cairan akan keluar dalam bentuk keringat, diare, atau yang biasa dikenal dengan intoksikasi air.

5. Bersihkan Bakteri dari Mulut

Manfaat kesehatan lainnya dari garam adalah untuk membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar mulut Anda.

Gusi yang luka, atau rasa sakit di gigi dapat hilang dengan hanya membilas mulut dengan larutan garam.

6. Jaga Sistem Pencernaan Anda agar tetap Sehat

Seseorang memiliki riwayat kesehatan pencernaan yang buruk, seperti asam lambung. Dengan cukup garam, tubuh akan mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!