Kesehatan

Cegah Diabetes dengan Banyak Aktivitas Fisik atau Olahraga

SELIDIKI.COM – Sebagian dari perawatan untuk penderita diabetes dalam mengatasi kadar gula darah yang tinggi adalah secara teratur melakukan aktivitas fisik atau olahraga.

Ahli endokrinologi metabolik dan dokter diabetes dr Yun Yun SpPD-KEMD mengatakan salah satu cara menurunkan gula darah hanya dapat dicapai dengan olahraga.

Penyakit metabolik seperti diabetes disebabkan oleh gangguan insulin, suatu proses yang disebut resistensi insulin.

Menurut Yunir, temuan resistensi insulin terjadi di era modern di mana orang jarang melakukan aktivitas fisik.

“Pada zaman kuno bagi orang untuk menemukan makanan [mereka] harus bergerak secara fisik,” katanya, Jumat (13/4/2018).

Resistensi insulin disebabkan oleh timbunan lemak di perut atau lingkar pinggang dan membuat resistensi insulin. Jika resistensi insulin meningkat maka akan menyebabkan kadar gula darah meningkat juga.

Yunir menekankan bahwa olahraga saja tidak cukup untuk meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes dan pasien masih harus minum obat.

Namun, dosis obat yang diberikan mungkin turun menjadi lebih dari 50 persen dari apa yang seharusnya jika orang tersebut berolahraga secara teratur.

“Apa manfaat dari olahraga, risiko penyakit jantung berkurang, bisa menurunkan berat badan, dan meningkatkan gula darah,” kata Yunir.

Data dari Federasi Diabetes Internasional (IDF) pada 2017 menunjukkan Indonesia adalah negara keenam dengan penderita diabetes terbesar di dunia dengan 10,3 juta orang.

Jika tidak ditangani dengan benar, World Health Organization (WHO) memproyeksikan kejadian diabetes di Indonesia bisa meningkat menjadi 21,3 juta pada 2030.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!