Good Food

Inilah 4 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kanker Nasofaring

Inilah Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kanker Nasofaring

SELIDIKI.COM – Sebuah survei dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa setidaknya lima dari 100.000 orang di Indonesia menderita kanker nasofaring.

Kanker nasofaring menempati urutan keempat dalam lima kelompok teratas tumor ganas yang umum ditemukan di Indonesia, bersama dengan kanker payudara, leher rahim, dan kanker kulit.

Kanker nasofaring yang paling umum ditemukan di Indonesia adalah kanker tenggorokan-leher dan kanker kepala-leher.

dr. Selfiyanti Bimantara, SpTHT-KL, Spesialis THT di Rumah Sakit Meilia Cibubur, menggambarkan kanker nasofaring adalah jenis kanker yang tumbuh di nasofaring (di belakang rongga hidung, di belakang langit-langit). Kanker ini sulit dideteksi pada tahap awal karena gejalanya menyerupai penyakit lain.

Baca juga: Kenali “Cell Cure” Terapi yang Mampu Musnahkan Sel Kanker

Ini adalah makanan yang harus dihindari oleh pasien nasofaring:

1. Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol

Untuk pasien kanker nasofaring, alkohol adalah zat yang harus dihindari dalam tubuh, mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan iritasi pada mulut, kerongkongan dan perut, membahayakan tubuh pasien dan mempengaruhi efektivitas perawatan.

2. Jangan makan makanan beryodium tinggi

Pasien kanker nasofaring harus mengurangi konsumsi udang, kepiting, rumput laut dan jenis makanan tinggi yodium lainnya, karena yodium larut dalam jaringan lunak yang mengarah ke tumor ulserasi, mempengaruhi pengobatan pasien.

Baca juga: Kanker Payudara Bisa Menyebabkan Nyeri Di Bagian Punggung, Begini Solusinya

3. Jangan makan makanan pedas

Dalam diet sehari-hari, pasien kanker nasofaring harus menghindari bawang, jahe, cabai, merica, kayu manis dan makanan pedas lainnya, karena jenis makanan ini dapat menyebabkan panas ke pembuluh darah tubuh, sehingga kekambuhan atau penyebaran.

4. Jangan mengkonsumsi makanan yang diawetkan

Jangan mengkonsumsi makanan yang diawetkan, seperti daging, acar, ikan asin, dan makanan yang mengandung nitrosamine dan karsinogen lainnya.

Dalam studi tersebut ditemukan, kanker nasofaring berhubungan erat dengan mengkonsumsi banyak makanan yang diawetkan. Selain itu, jenis makanan ini dapat memperburuk kondisi penyakit pasien.

Jika ingin mendapatkan hasil pengobatan yang efektif, pasien kanker nasofaring harus memperhatikan pola makan dengan baik, mengurangi konsumsi jenis makanan di atas, sehingga dapat mengurangi tingkat kerusakan pada tubuh pasien.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!