Aceh

Menjelang KKN Ini Pesan Dekan Fakultas Pertanian Unimal

SELIDIKI.COM, LHOKSEUMAWE – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.

Dalam pelaksanaan KKN, bukan cuma peran mahasiswa saja yang diperlukan, melainkan peran kolektif antara kampus, dosen (DPL), panitia, pemerintah dan juga masyarakat dimana mahasiswa ditempatkan.

Baca Juga : Tak Mampu Bayar RS di Malaysia, Bayi Asal Aceh ini Tidak Dapat Bermanja Dengan Ibunya

Dalam sebuah ruangan di Universitas Malikussaleh, Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Mawardati, M.Si, Sabtu (07/04/2018) menjelaskan bahwa salah satu persoalan yang kita hadapi saat ini adalah, di satu sisi jumlah penduduk terus bertambah yang diikuti oleh bertambahnya kebutuhan termasuk pangan, namun di sisi lain alih fungsi lahan pertanian tidak bisa dihindari yang berakibat sempitnya lahan pertanian untuk menghasilkan pangan.

“Salah satu solusi mengatasi persoalan tersebut adalah meningkatkan produktivitas pangan dan efisiensi produksi melalui penerapan teknologi pertanian. Mahasiswa, terutama mahasiswa pertanian telah mempelajari berbagai teknologi pertanian. Harapan kita melalui KKN ini mahasiswa mampu mengaplikasikannya dalam rangka pemberdayaan masyarakat khususnya petani. Hal ini sangat dimungkinkan karena mahasiswa juga telah dibekali dengan ilmu kemasyarakatan lainnya seperti ilmu sosiologi dan komunikasi pertanian”.

Baca Juga : Selidiki Sosok Teuku Markam, Penyumbang 28 Kilogram Emas Monas yang Mulai Dilupakan

Dr. Ir. Mawardati, M.Si juga menyampaikan mahasiswa harus mampu menjadi agen perubahan sebagai perpanjangan tangan dari Universitas Malikussaleh (UNIMAL) untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah diterima selama di bangku kuliah.

“Sebelum mereka menjadi sarjana, “Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN)” diharapkan agar mahasiswa benar-benar memanfaatkan kesempatan ini tidak hanya mempraktekkan ilmu yang telah mereka pelajari selama ini, tetapi juga harus belajar dari masyarakat yang sudah banyak memiliki pengalaman, pesan Mawardati kepada mahasiswanya”.

Baca Juga : Dinilai Lebih Sukses Jadi King Maker, Prabowo Disarankan Tak Ikut Pilpres Lagi

Dekan Fakultas Pertanian Unimal ini juga berharap kepada mahasiswa untuk dapat bekerja dalam tim sehingga apa yang menjadi prioritas akan mudah dikerjakan secara bersama-sama.

“Ikutilah pembekalan ini dan pahami program-program yang akan diterapkan dan ingat selalu bahwa kalian adalah team work dan kita adalah keluarga besar Universitas
Malikussaleh (UNIMAL), maka jadilah yang terbaik untuk kita semua”, pinta Mawardati.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!