News

Elektabilitasnya Tinggi, Gatot Nurmantyo Ibarat ‘Gadis Cantik’ di Pilpres 2019

Selidiki Sosok Gatot Nurmantyo

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Tingkat elektabilitas mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Gatot Nurmantyo jika dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sangat tinggi jika keduanya maju dalam Pemilihan Presiden (pilpres) 2019.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Institut NKRI Agung Mattauch saat mengumumkan hasil jajak pendapat di Jakarta pada Sabtu (24/3/2018).

“Jika dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono, maka pasangan Gatot-AHY mampu mengungguli pasangan lain sebesar 26,7 persen,” kata Agung.

Sementara itu, jika Gatot dipasangkan dengan Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto, elektabilitas keduanya adalah 12,7 persen. Sementara jika Gatot dipasangkan dengan Jokowi maka keduanya meraih suara 11,3 persen.

Baca juga: Golkar Dukung Setya Novanto Ungkap Aktor Kasus Korupsi E-KTP

Agung menambahkan bahwa responden menilai Gatot sangat cocok untuk menjadi pendamping bagi Jokowi, meskipun mereka terlihat seperti kebalikan satu sama lain.

“Ini menunjukkan dalam Pemilihan Presiden 2019 mendatang Gatot ibarat gadis cantik yang akan ditaksir banyak pria,” tambahnya.

Survei yang dilakukan dari 23 Februari hingga 23 Maret 2018, lanjut Agung, melibatkan 150 responden dari pegawai negeri sipil, sektor swasta, sektor informal, mahasiswa, dan ibu rumah tangga di wilayah Jabodetabek.

Menurut Agung, Gatot dianggap memiliki karakter kuat 52 persen, memiliki sikap negara 39,3 persen, dan tidak ada cacat moral 6,7 persen. Gatot dinilai tegas 48,6 persen, memiliki integritas 27,3 persen, dan mampu melindungi masyarakat 15,3 persen.

Akhirnya, kata Agung, banyak responden yang menginginkan angka militer atau polisi 37,3 persen, kombinasi militer-sipil 29,3 persen, dan militer atau sipil angka 22,6 persen.

Baca juga: Inilah Nama-Nama Calon Pasangan Prabowo Subianto di Pilpres 2019

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!