Kesehatan

Sinar Matahari Dapat Sembuhkan TBC

SELIDIKI.COM – Sinar matahari yang masuk ke rumah dapat membantu mencegah penularan tuberkulosis di rumah jika satu anggota keluarga yang sedang dirawat karena TBC.

Kepala Pokja DOTS dan TB MDR Rumah Sakit Persahabatan, Dr. dr. Erlina Burhan, MSc, Sp.P (K) mengatakan sinar matahari dapat membunuh kuman TBC.

“Buka pintu dan jendela untuk sirkulasi udara, keringkan kasur atau selimut secara teratur”.

Tuberkulosis sangat mudah ditularkan melalui udara melalui batuk, bersin, atau ketika pasien berbicara.

Kuman tuberkulosis dapat bercampur dengan udara dan bisa terhirup oleh siapa pun.

Erlina mengatakan satu orang yang terdampak penyakit TBC dapat menularkan penyakit itu ke 10 hingga 15 orang dalam setahun.

Dia juga menyarankan agar pasien TBC jangan meludah atau mengeluarkan air liur sembarangan karena mengandung bakteri menular.

Erlina menyarankan agar pasien TBC agar mengeluarkan dahaknya ke toilet.

Baca juga: Perempuan Ini Lahir Tanpa Vagina dan Rahim, Tapi Akhirnya Ini yang Terjadi

Selain itu, penderita TBC ini juga harus menjaga etika batuk dan bersin, dan jika perlu menggunakan masker.

“Masker harus dipakai oleh orang yang mengidap TBC karena masker akan menangkap kuman. Tetapi jika orang yang sehat memakai masker, kuman masih bisa dihirup melalui ventilasi masker,” kata Erlina, dalam siaran pers pada Sabtu (24/3/2018).

Saat ini perkiraan jumlah pasien TBC di Indonesia mencapai 1.020.000 orang dan yang teridentifikasi berjumlah 420 ribu orang yang kemudian diobati.

Sementara perkiraan pasien tuberkulosis di dunia berjumlah sebanyak 10,4 juta orang dengan 600 ribu lebih adalah pasien tuberkulosis yang resistan terhadap obat. Oleh karena itulah, 24 Maret setiap tahun selalu diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Dunia.

Baca juga: Terungkap, Inilah Alasan Para PSK di Aceh ini “Jual Apam” Online

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!