Kesehatan

Ibu Muda Berisiko Tinggi Alami Penyakit Kardiovaskular

Ibu Muda Berisiko Tinggi Alami Penyakit Kardiovaskular

SELIDIKI.COM – Wanita yang menjadi ibu pada usia remaja, memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan pembuluh darah di masa depan, menurut penelitian terbaru.

Temuan ini menunjukkan bahwa wanita yang melahirkan pada usia kurang dari 20 tahun secara signifikan lebih tinggi dalam pengukuran “Framingham Risk Score” yang digunakan untuk memprediksi risiko kardiovaskular 10 tahun kemudian.

Sebaliknya, wanita yang melahirkan di sana adalah usia yang lebih tua, memiliki skor risiko rata-rata yang lebih rendah. Risiko kardiovaskular terendah, pada wanita yang belum pernah melahirkan.

“Wanita yang menjadi ibu di usia remaja mungkin perlu lebih berhati-hati tentang faktor gaya hidup yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk menjaga berat badan yang sehat dan aktivitas fisik yang memadai,” menurut penulis utama Catherine Pirkle, asisten profesor di Universitas Hawaii, seperti dikutip dari The Indian Express.

Baca juga: Ternyata Penyakit Diabetes Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Penderitanya

Menurut Catherine, dokter mungkin perlu lebih memperhatikan karakteristik reproduksi wanita dan lebih intensif skrining penyakit kardiovaskular mungkin diperlukan untuk wanita yang melaporkan persalinan dini.

Penelitian ini dimuat dalam Journal of American Heart Association. Tim ini mempelajari 1.047 wanita berusia antara 65 dan 74 yang berasal dari Kanada, Albania, Kolombia dan Brasil.

Namun, temuan ini harus dikonfirmasi karena penelitian mengandalkan laporan dari riwayat kelahiran yang dapat dipengaruhi oleh kehilangan memori pada populasi yang lebih tua, meskipun peserta telah dinyatakan bebas dari demensia.

Selain itu, banyak ibu muda dari negara miskin tidak dapat bertahan hidup sampai usia 64-75 tahun terwakili dalam penelitian ini, yang membatasi kekuatan hasil.

“Jika pengiriman remaja meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, temuan kami memperkuat kebutuhan untuk memastikan bahwa anak perempuan dan remaja memiliki pendidikan seksual yang cukup dan akses ke kontrasepsi untuk menghindari kelahiran dini,” kata Pirkle.

Baca juga: Bongkar “Pajoh Apam” PSK Online Jilid 2 di Aceh, Polisi Amankan Germo dan 7 Wanita

—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!