Health & Fitness

Inilah Alasan Pentingnya Pengetahuan Reproduksi dipahami Anak-Anak

SELIDIKI.COM – Memahami reproduksi dan organnya pada anak sejak dini adalah penting untuk melindungi mereka dari ancaman kekerasan seksual.

Praktisi pendidikan anak usia dini yang juga pendiri Montessori Haus Asia, Rosalynn Tamara, mengatakan anak-anak di bawah tiga tahun perlu mengenali organ reproduksi mereka dengan nama sebenarnya mereka.

“Itu harus disampaikan sejak awal nama-nama organ, penis, dan vagina. Kami merasa sedikit tidak nyaman (dengan nama-nama itu) karena kami tidak terbiasa, tapi itu hanya nama, konotasinya hanyalah paradigma kami, “Kata Rosalynn.

Dengan mengenali organ reproduksi dengan nama asli mereka, anak akan mengerti dan merasa nyaman dengan nama-nama itu.

Baca juga: Anak Ini Tumbuh Alat Kelamin Pria di Punggungnya, Begini Penjelasan Medis

Selanjutnya, ketika anak berusia lebih dari tiga tahun, orang tua dapat mengajari mereka tentang apa yang dapat dilakukan dan tidak boleh dilakukan dengan organ reproduksi.

“Karena apa tujuan mengetahui organ reproduksi? Pertama, agar anak bisa melindunginya sesuai fungsinya, dan tidak ada yang bisa melewati wilayah itu,” kata Rosalynn.

Dia mengakui bahwa saat ini kebanyakan orang tua di Indonesia masih merasakan tabu dalam memberikan pemahaman reproduksi kepada anak-anak.

Beberapa orang tua bahkan mengubah nama organ reproduksi dengan judul lain dengan cara bercanda.

Menurut Rosalynn, hal itu hanya akan mengajarkan perilaku bercanda kepada anak-anak tentang organ reproduksi mereka saat mereka tumbuh.

Baca juga: 4 Tips Cara Orangtua Kenalkan Teknologi Digital pada Anak

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!