Keuangan

Hindari Skimming Kembali, BRI Percepat Migrasi Kartu Debit ke Teknologi Smart Chip

SELIDIKI.COM, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI akan mempercepat migrasi kartu ATM atau debit dari teknologi pita magnetik (magnetic stripe) ke teknologi smart chip sesuai dengan arahan Bank Indonesia.

“Sedangkan untuk rencana implementasi itu langkah tepat, tahun ini 30 persen, kita akan mempercepatnya lagi,” kata Direktur Humas BRI Sis Apik Wijayanto pada acara “Spectaxcular” di Jakarta, Minggu (18/3/2018).

Sis Apik percaya bahwa teknologi chip card bisa mengurangi kasus pencurian data kartu debit dengan cara menggelapkan dibandingkan dengan teknologi magnetic tape.

Ia mengimbau agar pelanggan tidak memberikan informasi tentang PIN kepada orang lain. Informasi yang kerap dicoba dieksplorasi oleh pelaku kecurangan, antara lain identitas, nama ibu sendiri, dan nomor teleponnya.

Bila ada permintaan seperti itu, Sis Apik menyarankan agar pelanggan tidak memberikan informasi karena BRI tidak akan pernah melakukan itu.

Baca juga: Hacker Korea Utara Serang Kriptocurrency Trade Center di Korea Selatan

“Hati-hati ada panggilan telepon yang bukan dari BRI, yang mengaku dari BRI. BRI selama ini memiliki pelanggan terbanyak, 62 juta nasabah, prospeknya sangat banyak,” katanya, seperti dikutip Antara.

BRI memperkirakan dana nasabah yang hilang akibat pencurian data kartu ATM di Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur, kurang dari Rp1 miliar.

Sebelumnya, Kepala BRI Cabang Kediri Dadi Kusnadi mengatakan, pelanggan mengeluhkan kehilangan saldo rekeningnya dari Rp2 juta menjadi Rp3 juta. Namun, Kapolda Ngadiluwih Ajun Komisaris Polisi Shokib Dimyati di Kediri telah menyebutkan ada juga laporan kerugian Rp5 juta.

Puluhan pelanggan BRI Unit Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur memblokir rekening mereka karena dana hilang secara misterius di rekening mereka.

Sekretaris BRI Bambang Tribaroto mengatakan untuk kasus di Ngadiluwih, BRI telah menyelesaikan penyelidikan internal dan semua dana nasabah yang hilang sepenuhnya dikembalikan.

Baca juga: Detik-detik Penangkapan Oknum Polisi, Dalang Rampok Uang Bank Mandiri Rp 10 Miliar

—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!