Daerah

5 Fakta Makam Keramat Ini Tak Bisa Dipindahkan Meski Berada di Tengah Jalan

SELIDIKI.COM, PURWOKERTO – Bagi para pengendara yang melintasi daerah Purwokerto, atau yang biasa berada di sekitar alun-alun Purwokerto, pasti tahu tentang tempat keramat ini. Tempat keramat ini adalah sebuah makam kuno dan terkenal sangat keramat.

Saking keramatnya, tak ada seorang pun yang berani memindahkannya. Menurut sebagian orang, mendekatinya saja sudah bikin bulu kuduk merinding.

Mungkin terasa sangat aneh, karena meskipun lokasi makam ini berani di daerah keramaian dan terhitung ganggu lalu lintas yang melintasi daerah tersebut, tetapi tidak ada yang berani memindahkannya.

Sejauh mana keramatnya tempat tersebut? Konon katanya makam tersebut punya banyak misteri yang membuat banyak orang sulit mendekat. Sejumlah media pun sudah mengangkat kisah tentang keangkeran makam keramat itu.

1. Makam Raja Ragasemangsang

Konon katanya, makam yang dijuluki Makam Ragasemangsang itu dihuni oleh raja dengan nama yang sama. Raja Ragasemangsang dipercaya tidak bisa mati jika tubuhnya menyentuh tanah, sehingga untuk menghabisinya, Ia harus digantung. Datanglah seorang manusia sakti bernama Kyai Pekih yang juga memiliki kekuatan serupa.

Namun, pada akhirnya Kyai Pekih lah yang tewas akibat tergantung di pohon sekitar makam. Lalu, ketika Raja Ragasemangsang meninggal, jasadnya pun akhirnya disemayamkan di lokasi tersebut, dan makamnya berukuran 2,5 x 1,5 m.

Baca juga: Misteri Segitiga Bermuda Terungkap, Ini Penyebab Menghilangnya Kenderaan Disana

2. Berdiri tegak lebih dari 50 tahun

Berdasarkan informasi dari para warga, terbentuknya makam itu masih simpang siur. Salah satu ketua RT di wilayah Kelurahan Sokanegara, Karto Suwito akui jika dirinya telah tinggal di daerah sekitar makam sejak tahun 1962 dan makam itu telah ada. Itu yang membuat orang menyebut makam ini adalah makam kuno.

Namun, posisi persis dari makam keramat itu dulunya tidak di tengah-tengah jalan dan mengganggu lalu lintas setiap harinya.

Ia menyatakan bahwa dulunya, makam tersebut berada di pinggir jalan. Seiring berjalannya waktu, pelebaran pun terjadi dan menyebabkan makam kuno tersebut bergeser ke tengah jalan hingga sekarang.

3. Menyebabkan seorang petugas PDAM pingsan ketika ingin membongkarnya

Mengapa makam keramat itu tak juga dipindahkan meski mengganggu aktivitas jalan?

Jawabannya karena makam itu sangat dihormati dan tidak didekati masyarakat Purwokerto.

Seorang petugas PDAM setempat disebutkan pernah mencoba membongkar makam tersebut. Namun, petugas itu jatuh pingsan seketika.

Semenjak itulah banyak warga yang sepakat untuk tidak membongkar dan bahkan memindahkan makam tersebut.

Ia menjadi makam kuno nan angker dan keramat, tak tersentuh di tengah jalan. Bahkan para pengendara yang sering melewati tempat tersebut, sangat menaruh hormat dengan membunyikan klakson sambil mengatakan permisi.

Baca juga: Struktur Batu Misterius Terlihat dari Udara di Padang Pasir Arab Saudi

4. Menjadi tempat ziarah bagi kalangan pejabat hingga rakyat biasa

Kekeramatan Makam Ragasemangsang itu pun dipercaya oleh hampir seluruh masyarakat Purwokerto.

Alhasil, banyak orang yang datang secara bergantian ke sana untuk berziarah. Tak hanya warga biasa, menurut Mbah Karto Suwito, sejumlah pejabat pun pernah datang ke sana.

Meski angker, masih banyak orang yang menaruh perhatian dan merawat makam tersebut, sehingga Makam Ragasemangsang tetap disegani dan dihormati.

5. Rencana dijadikan cagar budaya

Pemerintah Kabupaten Banyumas berencana menjadikan Makam Ragasemangsang sebagai cagar budaya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinpoarbudpar) sebagai perwakilan Kabupaten Banyumas.

Meskipun hingga sekarang kisah terakurat dari Makam Ragasemangsang itu belum juga diketahui, namun Sotyo Jatmiko selaku Kepala Dinpoarbudpar Kabupaten Banyumas, sebagaimana Boombastis, beberapa waktu lalu menyatakan timnya akan melakukan pencarian kisah pada masyarakat sekitar.

Supaya nantinya ketika rencana makam tersebut dijadikan cagar budaya sudah terealisasi, ada informasi yang telah disepakati, yang bisa dibagikan pada para pengunjung.

Baca juga: Cara Menurunkan Tagihan Listrik Hingga 50 Persen, Mari Dicoba!

—-Netralnews—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!