Politik

Pengamat Nilai Belum Ada Pengganti Prabowo untuk Lawan Jokowi

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Pengamat politik Arbi Sanit menilai, sejauh ini nama Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto dinilai paling layak bersaing dengan petahana Joko Widodo atau Jokowi dalam Pemilu Presiden 2019.

“Belum ada selain dia (penantang kuat Jokowi). Karena Prabowo inilah yang bisa dibilang paling punya pengalaman, leadership, dan paling pantas bersaing lawan Jokowi,” kata Arbi kepada NNC, Kamis (15/3/2018).

“Jadi bagaimanapun orang seperti Prabowo yang punya pengalaman dari pemilu lalu dan kemudian leadership dan menandai walaupun nanti kalah dari Jokowi, tapi dia punya potensi,” katanya.

Arbi mengatakan hal ini sehubungan dengan wacana Prabowo untuk menjadi king maker dan memajukan kandidat lain untuk menggantikan posisinya sebagai calon presiden di Pilpres 2019.

Baca juga: Pesimis Ada Poros Ketiga, PKB Putar Haluan Dukung Jokowi di Pilpres 2019

“Kalau jadi dia king maker orang yang dia majukan gak bisa menyaingi Jokowi. Gak ada orang disekitar Prabowo yang bisa gantikan dia, gak ada yang bisa didorong,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa kehadiran Prabowo di bursa calon presiden, selain dianggap tepat, juga merupakan bentuk demokrasi. Karena ini mencegah calon tunggal dalam pemilihan presiden yang akan datang.

“Karena ini disebut pemilihan demokratis, harus ada persaingan, tidak bisa satu calon lalu tidak ada persaingan. Itu bukan demokrasi itu mundur ke jaman raja-raja,” katanya.

“Jadi kehadiran Prabowo ini membuat ada balance dan full kompetitif, persaingan, ada keseimbangan permainan, kekuatan. Waaupun Prabowo dalam survei lebih rendah dari Jokowi, tapi dia mutlak perlu maju,” katanya.

Baca juga: Pengamat Politik Nilai Prabowo Lebih Berpotensi Pilih AHY Ketimbang Anies

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!